Pelatihan Safety Riding Astra Motor NTB Membangun Generasi Berkendara Aman

0

Giri Menang (Suara NTB)-Sebagai bagian dari komitmen terhadap keselamatan berkendara, Astra Motor Nusa Tenggara Barat berkolaborasi dengan Polsek Kuripan mengadakan pelatihan safety riding di SMAN 1 Kuripan. Acara yang diikuti oleh 76 siswa ini digelar di aula sekolah, menghadirkan IPTU Fahrizal Eko Suryanto, Kapolsek Kuripan, dan Satria Wiman Jaya, instruktur safety riding dari Astra Motor NTB.

Pelatihan ini difokuskan pada pengenalan awal dan praktik langsung berkendara yang aman menggunakan motor Honda Vario 160. Para peserta diberikan materi mengenai pre-ride checks—prosedur yang penting untuk memastikan keamanan sebelum berkendara serta teknik dasar mengendalikan kendaraan dengan aman.

IPTU Fahrizal Eko Suryanto menyampaikan pentingnya pemahaman mengenai keselamatan di jalan. “Kegiatan ini bukan hanya tentang bagaimana mengendarai motor, tetapi bagaimana menjadi pengendara yang bertanggung jawab dan sadar akan keselamatan diri sendiri serta pengguna jalan lain,” ungkapnya.

Satria Wiman Jaya menambahkan, Astra Motor NTB berupaya menyediakan simulasi dan praktik nyata yang membantu peserta memahami situasi di jalan secara lebih baik.

“Ini adalah dasar yang penting untuk membentuk perilaku berkendara yang aman dari usia dini.” Ujarnya.

Sementara Kepala SMAN 1 Kuripan, yang turut hadir dalam acara tersebut, mengapresiasi inisiatif ini sebagai langkah vital dalam edukasi keselamatan bagi para siswa.

“Kami sangat mendukung program ini dan berharap kegiatan serupa dapat terus dilakukan demi keselamatan berkendara para pelajar,” tuturnya.

Kegiatan ini tidak hanya diharapkan meningkatkan kesadaran keselamatan berkendara di kalangan pelajar, tetapi juga memperkuat kerjasama antara institusi pendidikan, kepolisian, dan industri otomotif dalam mewujudkan lingkungan yang lebih aman bagi semua.(bul)