Penyelenggaraan Tri Dharma PT, Unizar Kerja Sama dengan BPS NTB

0

Mataram (Suara NTB) –  Universitas Islam Al-Azhar (Unizar) dan Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) menjalin kesepakatan kerja sama yang penting untuk masa depan pendidikan dan pengembangan data statistik. Acara penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dilakukan di Ruang Rinjani Kantor BPS Provinsi NTB, pada Senin, 6 Mei 2024.

Kepala BPS Provinsi NTB, Drs. Wahyudin, MM., menyambut baik kerja sama ini. Menurutnya, kerja sama ini membuka banyak peluang bagi kedua belah pihak, mulai dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), magang, hingga praktik kerja lapangan (PKL). “Setiap kantor BPS di semua Provinsi NTB siap menerima mahasiswa magang dan PKL sesuai dengan daerah masing-masing mahasiswa,” ujarnya.

Baca Artikel Lainnya …

Disperin NTB Gandeng BSN untuk Tingkatkan Kualitas Produk IKM

 

Sementara itu, Rektor Unizar, Dr. Ir. Muh. Ansyar, M.P, menekankan pentingnya kolaborasi dan silaturahmi dalam memajukan pendidikan. “Dengan menjalin hubungan yang baik, banyak hal yang dapat dilakukan. Di Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi di Wilayah 8 Bali NTB, kita maju dengan kolaborasi. Melalui program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), mahasiswa kami dapat melakukan magang atau PKL di Kantor BPS Provinsi NTB,” katanya.

Kerja sama ini memiliki fokus utama pada Penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi Terkait Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Berkaitan dengan menyediakan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengembangkan diri melalui program MBKM, termasuk magang dan PKL di Kantor BPS Provinsi NTB.

Selain itu, kerja sama ini berkaitan dengan penyediaan, pemanfaatan, dan pengembangan Data dan Informasi Statistik. Menyediakan akses dan mendukung penggunaan data dan informasi statistik yang berkualitas untuk keperluan akademik dan pengembangan pengetahuan.

Seusai acara penandatanganan MoU, diselenggarakan Kuliah Umum yang bertempat di salah satu ruangan di Gedung BPS NTB. Kuliah umum ini dihadiri oleh 57 mahasiswa semester II Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unizar dengan pemateri dari BPS NTB. Judul materi yang diajarkan adalah “Data Mencerdaskan Bangsa: Berburu Data untuk Pengembangan Bisnis dan Kesejahteraan Masyarakat”. (ron)