Walau Telah Dilarang, Masih Ada Siswa SMA Sederajat Lakukan Konvoi Kelulusan

0

Mataram (Suara NTB) – Sejumlah siswa SMA sederajat terlihat melakukan konvoi kelulusan pada Selasa, 7 Mei 2024. Mereka tampak mencoret seragam dan melakukan konvoi ke arah Senggigi, Kabupaten Lombok Barat. Padahal pengumuman kelulusan siswa kelas XII SMA Sederajat dilaksanakan pada Senin, 6 Mei 2024 melalui laman resmi sekolah untuk mencegah terjadinya coret seragam dan konvoi yang dilakukan siswa untuk merayakan kelulusan.

Dari pantauan dan gambar yang diperoleh Suara NTB, terlihat para siswa konvoi menggunakan sepeda motor menuju arah Senggigi. Sebagian ada yang berboncengan, ada juga yang mengendarai sepeda motor sendiri. Mereka sudah mencoret seragam masing-masing. Namun, dari pantauan sementara, jumlah kelompok yang melakukan konvoi terlihat tidak sebanyak tahun-tahun sebelumnya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) NTB, Dr. H. Aidy Furqan, M.Pd., dikonfirmasi pada Selasa, 7 Mei 2024, menyayangkan aksi konvoi siswa tersebut. Menurutnya, pihaknya telah meminta sekolah untuk mengawasi siswanya.

“Saya sayangkan terjadi (konvoi). Padahal kami sudah meminta sekolah-sekolah agar mengawasi anak-anaknya untuk tidak melakukan konvoi,” ujar Aidy Furqan.

Terkait dengan tindak lanjut aksi konvoi siswa tersebut, pihaknya masih akan melakukan koordinasi dengan pihak sekolah. Setelah itu barulah akan mengambil kebijakan berikutnya.

“Saya koordinasikan dengan pihak sekolah dulu untuk menentukan sikap terhadap anak-anak tersebut,” jelas Aidy. (ron)