Raih Puncak Kreativitas, Teater Sasentra Ummat Gelar Pekan Teater Pelajar Ke-III Se-NTB

0

Mataram (Suara NTB) –  Universitas Muhammadiyah Mataram (Ummat) dengan bangga menggelar Pekan Teater Pelajar Se-NTB dengan tema “Rasa dan Asah”. Pembukaan kegiatan ini dilaksanakan di Taman Budaya, Senin, 6 Mei 2024 oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Teater Sasentra Ummat. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan NTB yang diwakilkan Kepala Bidang Kebudayaan, Lalu Abdul Rahim, S.Pd.,M.H., secara resmi membuka kegiatan dimaksud dengan tujuan untuk menggali berbagai dimensi emosi, pemikiran, serta keterampilan seni dalam karya teater.

Kegiatan ini menjadi ajang yang melibatkan partisipasi aktif dari berbagai komunitas teater pelajar di wilayah NTB. Dengan menghadirkan beragam pertunjukan teater dari sekolah-sekolah dan komunitas pelajar, acara ini diharapkan mampu memberikan inspirasi, hiburan, serta menjadi platform untuk bertukar pengalaman di antara para pelajar peminat seni teater di NTB.

Ketua Panitia, Ahmad Ridho Andrian berharap dari kegiatan ini dapat memajukan seni dan budaya di NTB. Menurutnya, Rasa dan Asah ini adalah dua jenis sugesti dengan kepercayaan bahwa di suatu masa yang akan datang dan segala asah pasti akan terwujud. ‘’Jadi saya sangat berharap dapat memajukan seni dan budaya di NTB bukan di kalangan mahasiswa saja tetapi di kalangan masyarakat umum. Pada pekan teater ketiga ini, ada 20 sekolah yang ikut serta dengan 25 pementasan di antaranya monolog dan drama,” jelasnya.

Ketua Teater Sasentra Ummat, Arif Rahman menyampaikan, Pekan Teater Pelajar se-NTB akan menampilkan berbagai pertunjukan teater yang dipersiapkan dengan baik oleh berbagai komunitas teater pelajar di seluruh NTB. Melalui kolaborasi dan kompetisi yang sehat, diharapkan acara ini dapat memperkaya ragam seni pertunjukan di wilayah NTB.

“Kami berharap acara ini dapat membangun jejaring antar pelajar di bidang seni teater, serta memberikan ruang bagi mereka untuk mengembangkan bakat dan minat mereka di dunia seni pertunjukan,” tambahnya.

Pekan Teater Pelajar se-NTB akan berlangsung tanggal 6 hingga 12 Mei 2024 di Gedung Tertutup Taman Budaya. Acara ini terbuka untuk umum dan diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi generasi muda NTB dalam mengeksplorasi dunia seni.

Wakil Rektor III Ummat, Dr. Erwin, M.Pd., menyampaikan kegiatan ini harus menjadi wadah siswa untuk mengeksplorasikan bakat. “Jadikan kegiatan ini sebagai wadah untuk meningkatkan kapasitas diri, mengembangkan minat, sehingga ke depan seni dan budaya mendapatkan tempat di hati masyarakat luas, dan kami civitas Universitas Muhammadiyah Mataram siap mendukung dan menyambut adik-adik pelajar yang mau meningkatkan bakat,” imbuhnya.

“Kegiatan ini sudah tiga tahun diadakan namun apresiasi kita terhadap seni dan kebudayaan masih rendah, kita tidak menganggap bahwa seni dan budaya adalah bagian yang terintegrasi dalam kehidupan sosial kita, sehingga angka partisipasi begini-begini saja, sepi, dan ini menjadi kritik besar untuk kita baik perguruan tinggi maupun Dinas pemerintahan terkait, agar bisa terus menggelorakan seni dan kebudayaan di masyarakat luas,” tambahnya.

Kepala Dinas Dikbud NTB, yang diwakili Kepala Bidang Kebudayaan, Lalu Abdul Rahim memberikan penghargaan kepada para pelajar dan mahasiswa yang mampu mengadakan event-event sebesar ini. “Luar biasa semangat, kerja keras dan perjuangan adik-adik sekalian yang mampu mengadakan event-event sebesar ini, kalian adalah pejuang nurani dan penata peradaban,” takjubnya. (ron/*)