Kriminalitas di Kawasan Wisata, Polres Loteng Sebar Personel

0

Praya (Suara NTB) – Upaya maksimal terus dilakukan jajaran Polres Lombok Tengah (Loteng) dalam menjaga dan memelihara keamanan, khususnya di objek wisata di daerah ini. Terutama di objek-objek wisata di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika. Dengan menyebar personel kepolisian di objek wisata yang ramai pengunjung serta rawan terjadi aksi kejahatan.

Selain itu, Polres Loteng melalui Polsek Kawasan Mandalika juga terus mengintensifkan kegiatan patroli. Terutama di waktu-waktu rawan aksi kejahatan. Sebagai bagian dari strategi untuk memastikan situasi kamtibmas tetap aman dan kondusif.

Baca Artikel Lainnya … 

Disperin NTB Gandeng BSN untuk Tingkatkan Kualitas Produk IKM

“Peningkatkan pengawasan dan pengamanan di kawasan wisata ini kita lakukan sebagai langkah antisipasi sekaligus untuk mencegah terjadinya aksi kriminalitas di kawasan wisata, khususnya kawasan The Mandalika,” terang Kapolres Loteng AKBP Iwan Hidayat, S.I.K melalui Kapolsek Kawasan Mandalika AKP Rahel Elsa Embuik, Selasa, 7 Mei 2024.

Ia menjelaskan, keberadaan personel kepolisian di tempat-tempat wisata penting artinya. Selain untuk mencegah terjadinya kriminalitas atau gangguan kamtibmas, juga sebagai bentuk pelayanan kepada masyarakat dan wisatawan yang berkunjung di daerah ini. sehingga para wisatawan bisa merasa aman dan nyaman ketika berwisata di objek-objek wisata yang ada di kawasan The Mandalika.

“Melalui kegiatan patrol kita secara aktif juga memberikan himbauan kepada masyarakat maupun wisawatan agar bisa bersama menjaga situasi kamtibmas. Serta selalu waspada dalam berwisata. Jangan sampai memberikan peluang atau kesempatan bagi pelaku aksi kriminalitas untuk menjalankan aksinya,” tegas Rahel.

Dikatakannya, aksi bersama menjaga keamanan penting. Karena tentu pihak kepolisian tidak bisa sendiri menjaga keamanan. Maka penting pula bagi masyarakat untuk turut bersama menjaga keamanan. Kalau daerah sudah aman, maka wisatawan akan banyak datang dan berkunjung ke daerah ini. Pada akhirnya, masyarakat juga yang akan merasakan manfaat dari hadirnya wisatawan tersebut ke daerah ini.

“Bagaimanapun keras upaya kepolisian dalam menjaga keamanan, tidak akan bisa optimal tanpa dukungan masyarakat di daerah ini,” tutup Rafel. (kir)