Daerah Tertinggal Inovatif, Pusat Pilih KLU sebagai Lokasi Rakor PLIK

0

Tanjung (Suara NTB) – Penghargaan Inovatif Government Award kategori Daerah Tertinggal dari Kemendagri kepada Pemda Lombok Utara tahun 2023 lalu, berdampak positif. Dimana pemerintah pusat melalui Kemenko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), menunjuk Lombok Utara sebagai tuan rumah Rakor Pembudayaan Literasi, Inovasi, dan Kreativitas (PLIK).

Rapat Koordinasi PLIK oleh Kemenko PMK RI berlangsung di aula Kantor Bupati, Selasa, 7 Mei 2023. Kemenko PMK diwakili oleh Deputi Bidang Koordinasi Revolusi Mental, Pemajuan Kebudayaan, dan Prestasi Olahraga, Ir. Aris Darmansyah Edisaputra dan rombongan. Sementara dari Pemda KLU, hadir Bupati Lombok Utara, H. Djohan Sjamsu SH, Wakil Bupati, Danny Karter Febrianto R., ST., M.Eng., serta para Direktur Kementrian/Lembaga pada pemerintah pusat.

Baca Artikel Lainnya … 

Pemkot Mataram Tak Batasi PKL di Asrama Haji Selama Pemberangkatan

 

“Kegiatan Pembudayaan Literasi, Inovasi dan Kreativitas ini  mendapatkan dukungan dari 15 Kementerian/Lembaga di pusat,’’ sebut Aris Darmansyah.

Lombok Utara mendapat kepercayaan sebagai tuan rumah pada rakor tahun 2024. Hal ini merupakan tindak lanjut dari prestasi IGA 2023 yang diselenggarakan Kemendagri. Selain Lombok Utara, beberapa daerah pernah ditunjuk menjadi tuan rumah Rakor, seperti Sumba Timur di tahun 2023, dan Bali, Sumba Barat dan Magelang pada tahun 2022.

“Literasi memiliki kontribusi positif, yaitu membantu menumbuhkan kreativitas dan inovasi yang dapat meningkatkan produktivitas,” imbuhnya.

Saat ini, sambung Aris, era generasi sudah memasuki era milenial. Dimana ilmu pengetahuan dan penemuan baru terus bermunculan setiap harinya. Sehingga semua daerah dipandang perlu menyiapkan generasinya dengan menggencarkan literasi.

“Kehadiran kami di Lombok Utara hari ini, dapat meninggalkan sebuah legacy yang tentunya memberikan dampak positif bagi masyarakat secara khusus dalam peningkatan sumber daya manusia Indonesia,”katanya.

Adapun program  yang dilakukan oleh masing-masing Kementerian/Lembaga di beberapa titik lokasi nantinya sebagai bentuk kolaborasi serta  pemberdayaan masyarakat, yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Sementara itu dalam sambutan penerimaan Bupati Djohan menyampaikan atas nama Pemda dan masyarakat saya mengucapkan selamat datang dan terimakasih atas di tujuknya KLU sebagai tempat Rapat koordinasi pembudayaan literasi, inovasi dan kreativitas di tahun 2024 oleh Kemenko PMK RI.

“Harap saya peserta Rakor dari Kementrian untuk bisa mengenal dan mengetahui budaya daerah ini,” ucapnya.

Pada tahun 2024 KLU berusia 16 Tahun banyak hal yang sudah di lakukan oleh pemerintah demi mensejahterakan masyarakat, Lombok Utara juga  daerah tujuan wisatawan yang berkunjung ke Provinsi NTB, dengan beberapa wisata unggulan seperti gili, pantai, dan budaya.

“Berbagi inovasi yang sudah di lakukan pemerintah daerah dalam rangka pemulihan pasca bencana yakni meningkatkan ekonomi palaku UMKM yang terpuruk akibat Covid, salah satunya pinjaman bank tanpa bunga.

“Bunga Bank dibayarkan oleh Pemda KLU,program ini sudah berjalan sejak tahun 2022 lalu dan masyarakat sangat terbantu,”tuturnya.

“Kehadiran para pejabat Eselon I dan II dari berbagai kementerian dan lembaga RI nantinya dapat berkolaborasi dengan Pemda KLU sehingga kedepannya daerah ini semakin maju dan mampu keluar dari daerah tertinggal,” demikian Djohan. (ari)