Berkendara #Cari_Aman di Jalan Raya: Tips Mendahului Kendaraan/Menyalip dengan Aman

0

Mataram (Suara NTB)-Menyalip atau mendahului kendaraan di jalan raya adalah salah satu tindakan yang memerlukan kehati-hatian ekstra dan keterampilan yang baik. Untuk membantu mengurangi risiko kecelakaan dan meningkatkan keselamatan berkendara, Satria Wiman Jaya selaku Instruktur Safety Riding Astra Motor NTB ingin berbagi tips-tips praktis bagi para pengendara:

1. Perencanaan yang Matang: Sebelum melakukan manuver mendahului, pastikan untuk mengevaluasi situasi lalu lintas di sekitar Anda. Perhatikan kondisi lalu lintas di sekitar cukup aman dengan melihat ke spion serta bisa melihat ke belakang untuk memastikan area blind spot aman. Perhatikan kecepatan dan posisi kendaraan di depan Anda, serta pastikan tidak ada kendaraan yang mendekat dari belakang.

2. Pastikan Visibilitas: Pastikan visibilitas Anda baik. Gunakan lampu sein dengan benar dan beri isyarat kepada pengemudi di belakang Anda bahwa Anda akan melakukan manuver mendahului. Perhatikan juga kondisi cuaca dan visibilitas jalan.

3. Gunakan Gigi/Persneling Rendah: Pastikan sebelum menyalip gunakan gigi rendah agar maneuver dan laju kendaraan lebih cepat saat proses menyalip.

4. Jaga Jarak Aman: Ketika mendahului, pastikan untuk menjaga jarak yang aman dengan kendaraan yang Anda lewati. Jangan mendahului dalam kecepatan yang terlalu tinggi atau di area yang berbahaya seperti tikungan atau tanjakan.

5. Perhatikan Marka Jalan: Selalu perhatikan tanda-tanda dan markah jalan. Hindari mendahului di area yang dilarang mendahului seperti tikungan tajam, jembatan, atau zona yang ditandai sebagai zona larangan mendahului.

6. Gunakan Sinyal Sein dengan Benar: Pastikan untuk menggunakan sinyal sein dengan benar dan tepat waktu. Ini akan membantu mengkomunikasikan niat Anda kepada pengendara lain di jalan raya.

7. Pertimbangkan Kondisi Lalu Lintas: Ketika memutuskan untuk mendahului, pertimbangkan kondisi lalu lintas di sekitar Anda. Jika lalu lintas padat atau kecepatan kendaraan di depan Anda cukup tinggi, mungkin lebih baik menunggu kesempatan yang lebih aman untuk melakukan manuver mendahului.

8. Komunikasi : Ketika proses menyalip gunakan klakson untuk mempercepat komunikasi dengan kendaraan yg ada di depan. Ketika sudah berhasil menyalip pastikan untuk menyalakan lampu sein untuk berpindah dari lajur kanan ke kiri & jangan lupa matikan lampu sein.

Jadikan komunikasi sebagai kebiasaan aman dalam berkendara untuk mencegah terjadinya kecelakaan saat menyalip kendaraaa.” tutup Satria.(bul)