Belum Semua SMA Sederajat di NTB Mampu Raih Target Akreditasi B

0

Mataram (Suara NTB) –  Belum semua SMA, SMK, dan SLB baik negeri maupun swasta di NTB mampu meraih target akreditasi minimal B. Pihak Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) NTB mendorong sekolah untuk berbenah dan meningkatkan akreditasinya menjadi minimal B.

Kepala Dinas Dikbud NTB, Dr. H. Aidy Furqan ditemui belum lama ini mengatakan, target pihaknya agar semua sekolah berhasil meraih akreditasi minimal B masih belum tercapai. Menurutnya, peningkatan raihan akreditasi itu belum maksimal terutama di sekolah swasta.

“Upgrade (peningkatan) akreditasi minimal B, tidak tercapai, baru 75 persen minimal B, sisanya akreditasi C,” ungkap Aidy.

Target raihan akreditasi itu belum maksimal di sekolah swasta. Menurut Aidy, banyak aspek yang mempengaruhi belum tercapainya target itu.

Aidy mengatakan, adanya Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) yang diadakan Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Anak Usia Dini, Dasar, dan Menengah (BAN-PDM) NTB dengan mempertemukan pihak terkait beberapa waktu lalu dianggap tepat. “Kegiatan ini selain sosialisasi, juga melakukan pemetaan terhadap sekolah yang belum memenuhi standar akreditasi B. Saya berharap kegiatan itu jadi rencana pendampingan untuk mencapai angka akreditasi itu,” harapnya.

Pihaknya berharap sekolah-sekolah meningkatkan kegiatan dan raihan akreditasinya menjadi lebih baik. “Sekolah yang sudah bagus jadi B, ditingkatkan jadi A. Bagi sekolah yang sudah mendapatkan akreditasi A, dipertahankan,” imbaunya.

Melalui strategi the power of 5P, yang meliputi Profil, Penampilan, Pelayanan, Peran Serta, dan Prestasi diharapkan target peningkatan akreditasi semua sekolah menjadi minimal B tercapai. “Semuanya mendukung ke arah kebijakan akreditasi, sekolah melalui cabang dinas juga didorong meningkatkan akreditasiya untuk mencapai angka minimal B,” pungkas Aidy. (ron)