Sudah Daftar ke Empat Parpol, Sukiman Pastikan Wakilnya dari Pulau Sumbawa

0

Mataram (Suara NTB) – Mantan Bupati Lombok Timur M. Sukiman Azmy  menunjukkan keseriusan untuk tampil di Pilkada NTB. Pada Senin, 6 Mei 2024, Sukiman langsung mendaftar resmi di tiga partai politik sekaligus sebagai Cagub NTB 2024, yakni PAN, PPP dan Nasdem.

Pendaftaran ke tiga partai itu pada hari yang sama, sebagai bentuk keseriusan Sukiman dalam berikhtiar meraih kendaraan politik untuk bertarung di Pilkada NTB. “Kita maraton daftar tiga parpol langsung hari ini,” kata Sukiman kepada wartawan.

Baca Artikel Lainnya …

Petani di Lombok Merasakan Manfaat Hadirnya Bulog Saat Panen Raya

Sampai saat ini, Sukiman tercatat telah mendaftar di 4 parpol. Selain PPP, PAN dan Nasdem. Sebelumnya Sukiman sudah mendaftar juga di PKB, bahkan sudah mengikuti pertemuan para bakal calon kepala dengan ketua umum DPP PKB, Muhaimin Iskandar.

“Setekah kita mendaftar ke PKB kemarin, ikhtiar lanjutan hari ini bisa menyelasaikan pendaftaran ke Pengurus wilayah NTB Partai PPP, Nasdem dan PAN. Terimakasih semuanya semoga berkah untuk kita semua,” katanya.

Lebih lanjut disampaikan Sukiman, ia memastikan bahwa dirinya sudah memantapkan diri untuk tetap menjadi cagub, bukan cawagub. Dan Wakilnya akan dia ambil figur dari pulau Sumbawa. “Untuk pendamping, saya prioritaskan dari Pulau Sumbawa,” katanya.

Menurutnya, keputusan mengambil tokoh dari Pulau Sumbawa sebagai bentuk komitmen dirinya untuk mempertahankan tradisi kepemimpinan yang sudah berlangsung di NTB selama ini. Yakni sebagai komitmen untuk menjaga representasi keseimbangan ke-NTB-an ke depan. Bagaimanapun, NTB terdiri dari dua pulau yakni Lombok dan Sumbawa.

Sukiman mengakui, dirinya sudah menjalin komunikasi politik dengan sejumlah tokoh dari Pulau Sumbawa. Di antaranya, Anggota DPR RI dari PAN Muhammad Syafruddin, Indah Dhamayanti Putri dan HW Musyafirin. Meski demikian dalam komunikasi politik yang sudah terjalin itu belum ada mencapai kesepakatan. “Untuk wakil, masih terus kita ikhtiarkan,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Desk Pilkada DPW PAN NTB, Syaiful Islam menyambut baik keputusan mantan Bupati Lombok Timur dua periode ini mendaftar di Desk Pilkada DPW PAN NTB. “Kita berharap Beliau bisa menjadikan kader PAN jadi cawagub,” harapnya.

Lebih lanjut diungkapkan, sejauh ini sudah ada dua cagub yang resmi mendaftar di PAN yakni Lalu Muhammad Iqbal dan M. Sukiman Azmy. Sementara dua cagub sudah mengambil berkas pendaftaran yaitu mantan Bupati Lombok Tengah M Suhaili FT dan Penjabat Gubernur NTB Lalu Gita Ariadi. (ndi)