Momen Dies Natalis, Poltekpar Lombok Gelar Wonderpreneur Fest

0

Praya (Suara NTB) – Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Lombok menggelar Wonderpreneur Fest (WPF) mulai Minggu, 5 Mei 2024 hingga Rabu, 8 Mei 2024. Sebuah festival yang diharapkan mampu mendorong semangat entrepreneur di kalangan mahasiswa Poltekpar Lombok sekaligus ajang memperkuat kemitraan Poltekpar Lombok dengan stakeholder terkait, mulai dari pelaku wisata, kalangan usaha hingga pemerintah.

Wonderpreneur Fest merupakan ajang khusus yang menjadi ciri khas Poltekpar Lombok. Digelar setiap momen Dies Natalis Poltekpar Lombok. Di mana tahun ini Poltekpar Lombok merayakan Dies Natalis yang ke 8. “Dan, tahun ini merupakan kali kedua ajang Wonderpreneur Fest digelar,” terang Direktur Poltekpar Lombok Dr. Ali Muhtasom, A.Md., MM., CHCM. CHE., saat membuka kegiatan Fun Run and Furn Walk, di kampus Poltekpar Lombok, Minggu, 5 Mei 2024.

Baca Artikel Lainnya … 

Sebulan Delapan Ton Uang Kertas Jadi Limbah, Akan Dimanfaatkan jadi Campuran Bahan Bakar PLTU Jeranjang

 

Event Fun Run and Furn Walk menjadi rangkaian pembuka dari Wonderpreneur Fest. Diikuti ribuan peserta dari semua kalangan. Termasuk mahasiswa dari sejumlah perguruan tinggi di NTB hingga Praja IPDN Kampus NTB. Hal ini sebagai wujud kolaborasi dan sinergi kampus Poltekpar Lombok dengan semua stakeholder yang ada di daerah ini.

“Akan banyak ajang yang digelar selama festival berlangsung. Baik itu yang khususnya melibatkan mahasiswa Poltekpar Lombok. Maupun yang melibatkan stakeholder terkait lainnya,” terang Ali.

Poltekpar Lombok terus berupaya maksimal mendukung peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) di daerah ini, khususnya di bidang kepariwisataan. Banyak yang sudah dicapai dan diraih sejauh ini oleh Poltekpar Lombok. Namun masih banyak pula capaian yang harus diraih, sehingga tidak ada kata berhenti bagi Poltekpar Lombok untuk berinovasi dalam melahirkan talenta-talenta hebat di bidang kepariwisataan di daerah ini.

Di tempat yang sama, Kepala Pusat Pengembangan SDM Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreastif (Kemenparekraf) Andar Danova L. Goeltom, berharap event Wonderpreneur Fest ke depan bisa lebih dimaksimalkan lagi. Sebagai signature event, tentunya ajang tersebut harusnya bisa menjadi ciri khas tersendiri bagi Poltekpar Lombok. Tidak kalah penting bisa memberikan dampak besar bagi peningkatan kualitas SDM  dan pengembangan UMKM di daerah ini.

Pihaknya pun optimis, Poltekpar Lombok bisa menjadi pioneer dalam membentuk SDM kepariwisataan yang andal di daerah ini. Sekaligus bisa menghasilkan para lulusan siap kerja serta memiliki kemampuan entrepreneur yang tinggi. Dengan begitu, ke depan lulusan Poltekpar Lombok tidak hanya siap mengisi peluang kerja di sektor pariwisata.

Tetapi juga mampu membuka usaha sendiri yang pada akhirnya bisa membantu pemerintah dalam menyediakan lapangan kerja bagi masyarakat di daerah ini. “Setiap Poltekpar di bawah Kemenparefraf itu punya ajang khusus yang jadi ciri khasnya. Dan, Polktepar Lombok dengan Wonderpreneur Fest-nya, diharapkan bisa memberikan dampak positif. Tidak hanya bagi Poltekpar Lombok sendiri tetapi juga bagi kemajuan parawisata di daerah ini dan Indonesia secara lebih luas lagi,” tandasnya. (kir)