Pilkada Lotim, Bakal Calon Perseorangan Wajib Sertakan Surat Pernyataan Dukungan

0

Selong (Suara NTB) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lombok Timur (Lotim) telah mengumumkan persyaratan bagi calon perseorangan yang ingin bertarung dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2024. Menurut ketentuan yang telah ditetapkan, pasangan calon harus mampu mengumpulkan minimal 73.904 dukungan atau KTP pendukung. Semua pendukung ini harus menyertakan surat pernyataan dukungan.

Hal ini diutarakan Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Lotim, Muliadi dalam rapat koordinasi tahapan Pilkada Lotim, Minggu, 5 April 2024.

Baca Artikel Lainnya …

Sport Tourism Menggeliat, Lapangan Golf Lombok Kosaido Akan Dilengkapi Hotel Bintang Empat

Persyaratan tersebut tercantum dalam surat keputusan (SK) Nomor 28 tahun 2024 tentang syarat minimal dan persebaran dukungan bagi calon perseorangan pada Pilkada 2024. Pengumpulan dukungan akan dimulai pada tanggal 8 hingga 12 Mei mendatang.

Tidak hanya itu, setiap KTP atau dukungan juga harus dilengkapi dengan surat pernyataan mendukung dari pendukungnya masing-masing. “Jika tidak dilengkapi, akan dimasukkan sebagai tidak memenuhi syarat,” tegas Muliyadi.

Sementara itu, jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Lotim pada Pemilu 2024 mencapai 985.385, yang diperkirakan akan mencapai satu juta pada Pilkada mendatang. Untuk memastikan keterwakilan yang optimal, KPU Lotim sedang melakukan pemetaan Tempat Pemungutan Suara (TPS), dengan jumlah pemilih di masing-masing TPS tidak melebihi 600 orang.

Meskipun demikian, keputusan akhir masih menunggu keputusan dari KPU Provinsi dan pusat. “Tapi yang jelas, ada pengurangan TPS pada Pilkada ini,” demikian imbuhnya. (rus)