Manfaatkan Tol Laut, Pengusaha Dompu Kembali Kirim Ternak Potong ke Jakarta

0

Dompu (Suara NTB) – Pengusaha Dompu kembali mengirim ratusan ekor ternak potong untuk kebutuhan hewan qurban di daerah Jabodetabek tahun 2024. Pengiriman ternak memanfaatkan jalur tol laut dari pelabuhan Bima tujuan Jakarta, Jumat, 3 Mei 2024 dan Selasa, 7 Mei 2024.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Dompu, Muhammad Abduh, MSi kepada Suara NTB, Jumat, 3 Mei 2024 mengungkapkan, pengiriman ternak potong untuk kebutuhan hewan qurban tahun 2024 di daerah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) kembali dilakukan pengusaha Dompu. Pengiriman memanfaatkan tol laut. Tol laut pertama bagi Kabupaten Dompu  dilakukan pada Jumat, 3 Mei 2024 untuk 300 ekor ternak potong.

“Tol laut pertama, kita kolaborasi dengan pengusaha ternak dari Bima. Kita 300 ekor, mereka (Bima) 200 ekor,” katanya.

Tol laut kedua akan diberangkatkan pada Selasa, 7 Mei 2024 melalui pelabuhan Bima. Tol laut kedua ini akan mengangkut ternak potong dari Dompu sebanyak 550 ekor. “Alhamdulillah, pengusaha kita siap dengan ternak potongnya,” ungkapnya.

Selain memanfaatkan tol laut, pengusaha Dompu juga menggunakan truk tronton untuk mengangkut sapi potongnya ke Jabodetabek. Pengiriman ternak dilakukan para pengusaha lebih awal agar memiliki waktu yang panjang menjual ternaknya. “Kita terus mengontrol pengiriman ternak untuk mengantisipasi kelebihan pasokan ke Jabodetabek seperti tahun lalu,” terangnya.

Kuota pengiriman ternak potong untuk kebutuhan hewan qurban tahun 2024 ini sebanyak 11 ribu ekor d ari Kabupaten Dompu. Kuota ini jauh lebih banyak dibandingkan tahun 2023 lalu yang hanya diberikan sebanyak 6 ribu ekor. Kuota ini termasuk untuk pengiriman ke wilayah Kalimantan, dan Sulawesi. (ula)