Lima Sekolah Dapat Penghargaan AISO Kategori Sekolah Sahabat Museum

0

Selong (Suara NTB) – Lima sekolah di NTB mendapatkan apresiasi penghargaan dari Museum Negeri NTB pada acara Malam Puncak Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang dikemas dengan istilah AISO (Anugerah Istimewa Sekolah), di Sembalun, Lombok Timur, Sabtu, 4 Mei 2024. Kegiatan ini juga dihadiri Penjabat Gubernur NTB Drs. H. Lalu Gita Ariadi, M.Si., Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi NTB dan jajaran.

Pemberian apresiasi dan penghargaan ini merupakan salah satu rangkaian dari kegiatan  Anugerah Istemewa Sekolah yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTB. Penghargaan ini diberikan kepada 5 sekolah  Kategori Sahabat Museum jenjang SMA, SP, yaitu TK Aisyiah 5 Mataram, SD IT Samawa Cendekia, MTs Nurul Hakim Lobar,  MA Nurul Haramain, dan SLB Negeri 2 Mataram.

Kepala Museum Negeri NTB, Ahmad Nuralam, S.H., M.H., menyampaikan apresiasi kepada sekolah-sekolah yang menjadikan museum sebagai tempat pembelajaran dan outing kelas.

Menurutnya, ini sesuai dengan yang diinginkan oleh kurikulum merdeka belajar, di mana lokasi belajar tidak hanya digunakan di sekolah saja tapi juga di tempat-tempat  yang dapat memberikan pemahaman kepada siswa yang lebih komprehensif.

“Karena indikator pemajuan kebudayaan adalah bagaimana kita mendidik generasi kita untuk maju dan berbudaya,” katanya.

Selain itu, apresiasi Kategori Sahabat Museum ini diberikan sebagai indikator bagi sekolah-sekolah yang menjadikan museum sebagai tempat pembelajaran dan juga jumlah kunjungan bagi siswa dan guru-guru.

“Mudah mudahan apresiasi ini menjadi motivasi bagi sekolah lain”. Sehingga Anugerah Sahabat Museum tahun depan lebih kompetitif dan meluas,” harapnya.

Sementara itu, Kepala SD IT Samawa Cendekia, Gali Trio Raharjo menyampaikan terima kasih kepada museum NTB yang sudah melaksanakan program ini.

Dengan begitu Ia berharap agar program ini terus berlanjut di tahun-tahun mendatang, agar dapat menjadi motivasi bagi sekolah untuk menjadikan museum sebagai tempat pembelajaran.

“Kami ucapkan terimakasih, semoga apresiasi ini bisa berlanjut di tahun berikutnya. Dan semoga kegiatan ini bisa menjadi motivasi bagi kami dan selalu belajar ke museum,” ucapnya.

Hal senada juga disampaikan Kepala MA Nurul Haramain, Harianto bahwa pihaknya sangat senang mendapatkan apresiasi sahabat museum.

Ia berharap agar ke depannya Museum Negeri NTB dapat lebih berinovasi dalam memberikan edukasi serta dapat menjadi tempat pembelajaran bagi sekolah-sekolah di NTB.

“Saya sangat senang, dan siswa-siswa pun sangat senang mendapatkan apresiasi sahabat museum. Mudah-mudahan museum ke depan dapat menjadi tempat pembelajaran untuk sekolah-sekolah di NTB,”  harapnya. (ham)