Kuliah Umum, Profesor University of Adger Norwegia Belajar Toleransi Keagamaan di Lombok

0

Mataram (Suara NTB) – Kantor Urusan Internasional Universitas Mataram (KUI Unram) kembali menggelar kuliah umum dengan menghadirkan Prof. Levi Geir Eidhamar dan mahasiswa dari University of Adger, Norwegia. Kuliah umum yang bertemakan “Building Interreligious Harmony & Tolerance in Lombok” ini diselenggarakan di ruang sidang Senat Rektorat Unram pada Kamis, 3 Mei 2024.

Kuliah umum ini dihadiri mahasiswa Unram dari beberapa program studi, seperti Bahasa Inggris, Hubungan Internasional, dan Ilmu komunikasi. Diselenggarakannya kuliah umum ini bertujuan untuk memberikan wawasan baru mengenai toleransi dan harmonisasi umat beragama di Lombok kepada perwakilan mahasiswa University of Adger.

Ketua KUI Unram, Prof. Ir. Dahlanuddin, M.Rur.Sc., Ph.D. menyampaikan bahwa tahun ini merupakan tahun ketiga kerja sama antara Unram dengan University of Adger, Norwegia untuk memfasilitasi program pertukaran mahasiswa ini.

“Semoga delegasi mahasiswa dari University of Adger mendapat kesempatan yang berharga selama berada di Lombok untuk mempelajari keunikan dan keberagaman di Lombok,” tuturnya.

Ungkapan terima kasih disampaikan oleh Prof. Levi Geir Eidhamar dalam sambutannya kepada Unram karena telah konsisten mendukung pertukaran mahasiswa dari University of Adger, Norwegia.

“Kami bersyukur dapat terjun langsung mempelajari agama Islam di Lombok dengan julukan pulau seribu masjid,” ucapnya.

Kuliah umum ini dirangkaikan dengan penandatangan persetujuan kerja sama antara University of Adger dan Unram. Kemudian, dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Prof. Dr. Erni Budiwanti, M.A. mengenai Identitas Bali di Pulau seribu Masjid; Dr. Saipul Hamdi, MA. selaku dosen Prodi Sosiologi mengenai Pemetaan Konflik Sosial di Lombok; dan dipandu oleh Dr. Dewi Satria Elmiana, S.Pd., M.Ed. sebagai moderator. (ron)