Event Rinjani 100 Masuk Rekomendasi Wisata Kemenparekraf Bulan Mei

0

Mataram (Suara NTB) – Ada sejumlah event menarik yang digelar di Indonesia bulan Mei ini yang masuk dalam rekomendasi wisata oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Mulai dari BTR Ultra 2024 di Bali, Jakarta International Jaca Jazz Festival hingga Rinjani 100. Event Rinjani 100 sendiri akan berlangsung di kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani tanggal 24-26 Mei 2024.

Akun Instagram kemenparekraf dan sandiuno membuat rekomendasi agar masyarakat Indonesia yang ingin berwisata di bulan Mei ini agar bisa berwisata di dalam negeri, karena ada puluhan event besar yang tersaji di sejumlah daerah, termasuk di Lombok dengan gelaran Rinjani 100.

Baca Artikel Lainnya …

Indosat Tumbuh Melejit di Nusa Tenggara, Ekonomi Lokal Makin Berdaya

 

 “Buruan cek kalendernya. Di Bulan Mei ini ada banyak tanggal merah dan long weekend. Cocok untuk merencanakan liburan ke event,” tulis Instagram kemenparekraf dikutip Suara NTB, Minggu, 5 Januari 2024.

Penyelenggara kegiatan Rinjani 100 ini adalah Fone Sport, yaitu penyelenggara acara olahraga seru dan ekstrem di Indonesia yang eksotis, khususnya maraton dan triathlon trailrunning. Kompetisi ini terbagi menjadi beberapa katagori yaitu maraton dengan jarak tempuh 162km, 100km, 60km, 36km dan 27km.

Dari informasi yang dikutip dari web reminya fonesport.id, event Rinjani 100 merupakan kombinasi antara rute klasik 27km, 36km, dan rute Senaru sepanjang 60km dan 100km (Senaru ke Summit). Ada juga jalur tersulit baru yang pernah ada yaitu 162km Rinjani dengan Cut Off Time 55 jam.

 “Rinjani 162km mungkin menjadi salah satu 100 miler terberat di dunia. Kami menghargai usaha Anda menunggu di garis finis 55 jam untuk kategori 162km ini,” bunyi di keterangan resminya.

Penyelenggara meminta semua peserta yang sudah mendaftar untuk mempersiapkan diri dengan baik. Karena rute yang akan dilakukan oleh para peserta adalah jalur yang menantang.

“Persiapkan diri Anda untuk mengambil jalur sesuai skenario terbaik kami: puncak Gunung Rinjani, namun jika kami harus mengubah rute, itu hanya karena alasan keamanan,” tulisnya.

Berdasarkan data, sebanyak 1.463 perserta dari 42 negara yang sudah mendaftar di event bergengsi ini. Diantaranya peserta berasal dari dalam negeri sebanyak 834 orang, dari Inggris Raya, Kanada, Malaysia, Australia, Thailand, AS, negara-negara Eropa hingga Brazil.

Kepala TNGR Dedy Asriady yang dikonfirmasi terkait dengan event sport ini mengatakan, pihaknya masih menunggu tim Rinjani 100 untuk mematangkan rencana, karena ada sejumlah hal yang perlu dibahas sebelum kegiatan digelar.

“Timnya belum datang ke kantor. Biasanya mereka pasti datang sebelum acara,” katanya.

Di tahun 2023 lalu, event Rinjani 100 digelar dari tanggal 26-28 Mei dan diikuti sebanyak 596 peserta yang berasal dari 34 negara. Rinjani 100 Ultra edisi ke-8 tahun kemarin terbagi menjadi lima kategori, yakni 162 kilometer (km) cut off time (COT) 50 hours, 119 km COT hours, 75 km COT 25 hours, 36 km COT 16 hours, dan 27 km COT 9 hours. Saat itu, pemenang banyak yang berasal dari dalam negeri, kemudian dari Australia dan AS.(ris)