Bambang Haryo Sidak Pelabuhan Lembar dan Gili Mas

0

Giri Menang (Suara NTB)- Anggota DPR RI terpilih periode 2024-2029, Bambang Haryo Soekartono melakukan kunjungan dan pengecekan terhadap sejumlah fasilitas serta permasalahan yang terjadi di pelabuhan Lembar, dan Gili Mas, Kabupaten Lombok Barat.

Kunjungan ini dilakukan untuk memastikan kelancaran transportasi penyeberangan dari pelabuhan ini. Bambang Haryo didampingi sejumlah stakeholder terkait di pelabuhan.

Diantaranya, unsur dari BPTD Kelas II NTB, Balai Karantina NTB, KSOP, ASDP, Gapasdap, Pelindo III Cabang Lembar.

“Saya ingin memastikan apa yang menjadi permasalahan yang ada di transportasi penyeberangan. Ini kan tempat angkutan transportasi penyeberangan yang sangat strategis, tidak tergantikan sebenarnya dengan transportasi lain,” ungkap Bambang Haryo Soekartono, Senin (5/6/2024) saat melakukan kunjungan.

Bambang Haryo bersama stakeholder terkait saat melakukan kunjungan lapangan ke Pelabuhan Lembar dan Gili Mas.

Dalam kunjungannya, Bambang Haryo mendapatkan beragam masukan terkait dengan kelancaran angkutan penyeberangan dan keberlangsungan usaha di pelabuhan Lembar. Salah satu permasalahan yang disoroti adalah terkait akses keluar masuk kendaraan logistik yang harus terjamin kelancarannya.

“Kita sangat mengharapkan areal penumpukan di pelabuhan ASDP, baik yang di Lembar maupun Padang Bai, bisa ditambah. Kemungkinan besar dengan adanya regulasi nanti kita akan usulkan dan kita dorong untuk pembatasan overload dan over dimensi,” tambahnya.
Bambang Haryo juga menyoroti pentingnya peningkatan area kawasan pelabuhan.

Meskipun penambahan armada menjadi tanggung jawab pemerintah pusat, fokus saat ini adalah pada peningkatan area kawasan untuk memastikan kelancaran aktivitas di pelabuhan.

“Kebijakan ini sudah cukup bagus tinggal dilanjutkan oleh Kabinet yang akan datang dan saya selaku calon legislative terpilih akan mengawal permasalahan ini ke depannya. Jadi jangan sampai berubah kebijakan ini sebelum adanya iklim usaha yang kondusif dengan keseimbangan antara supply dan demand,” tegasnya.

Selain itu, perlu juga diperhatikan keseimbangan antara lintas pendek dan lintas jauh agar tidak terjadi tumpang tindih yang dapat merugikan pihak-pihak terkait. Bambang Haryo Soekartono menegaskan pentingnya dukungan pemerintah dalam menciptakan iklim usaha yang seimbang dan mendukung bagi para pelaku usaha.

Dengan kunjungan ini, diharapkan berbagai permasalahan terkait transportasi penyeberangan di pelabuhan Lembar dapat segera ditangani untuk meningkatkan efisiensi dan kelancaran aktivitas di wilayah ini.

Bambang Haryo juga menambahkan, hasil temuan dan masukan-masukan yang didapat akan disampaikan di komisinya nanti di DPRRI.(bul)