UTBK-SNBT, Unram Ambil Langkah Positif Dukung Inklusi dan Aksesibilitas

0

Mataram (Suara NTB) –  Universitas Mataram (Unram) telah mengambil langkah-langkah untuk menyediakan tempat tes Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT)) lebih ramah terhadap disabilitas untuk mendukung inklusi dan aksesibilitas. Hal ini menjadi salah satu tekad Unram dalam menyediakan kesempatan yang lebih adil mahasiswa dan calon mahasiswa dengan berbagai kebutuhan.

Hal tersebut didukung penuh Rektor Unram, Prof. Ir. Bambang Hari Kusumo, M.Agr.St., Ph.D., dalam kesempatannya memantau kenyamanan peserta UTBK disabilitas, ia menyampaikan komitmennya.

“Kami Universitas Mataram berkomitmen melayani, tidak hanya mereka yang tidak mengalami kekurangan, tapi juga mereka yang mengalami kekurangan, misalnya difabel tunanetra, kami siapkan pendamping mulai dari mereka turun dari kendaraan, kemudian mengantarkan mereka, menuntun mereka sampai ke tempat duduknya, di hadapan komputernya, kemudian memulai tes dan sebagainya ada pendampingnya. Karena mereka yang tunanetra tentu mereka mengandalkan kemampuan pendengarannya,” jelas Prof. Bambang.

Untuk memastikan hal tersebut, Rektor Unram meninjau langsung ke lokasi tes UTBK peserta tersebut. “Tadi saya langsung lihat, dia disediakan ruangan khusus, karena ada suara yang harus didengar, sehingga terpisah dari mereka yang normal. Dan kita siapkan juga pendamping khusus, pengawas khusus yang mendampinginya sampai selesai,” lanjutnya.

Sebagai pemimpin, Guru Besar Fakultas Pertanian itu tidak hanya memberikan fasilitas untuk mereka yang tunanetra, tapi juga yang untuk mereka yang mengalami tunadaksa.

“Kami siapkan pendamping dan yang membantu anak yang tes tersebut untuk bisa duduk di tempatnya untuk bisa melaksanakan tes. Jadi, apa pun bentuk difabelitas yang mereka miliki, kami Unram siap untuk membimbing, mengarahkan, dan membantu mereka sampai mereka bisa mengikuti tes, hak-hak mereka mengikuti tes dan hak-hak mereka untuk mengenyam Pendidikan,” tutupnya.

UTBK gelombang pertama di Unram berlangsung mulai tanggal 30 April hingga 7 Mei 2024. Dukungan penuh dari seluruh komponen kampus, mulai dari tenaga pengajar hingga staf administrasi, menjadi faktor penting dalam menyukseskan pelaksanaan ujian nasional ini. (ron)