Penebalan Landasan Pacu Bandara Sumbawa Dikebut

0

Sumbawa Besar (Suara NTB) – Pengerjaan penebalan landasan (overlay) Bandara Sultan Muhammad Kaharuddin yang menghabiskan anggaran senilai Rp25 miliar saat ini sudah mencapai 76 persen atau surplus 10 persen dari target.

“Pengerjaannya mengalami surplus, atau lebih cepat dari jadwal. Kita prediksi bulan Mei bisa tuntas meski kontraknya berakhir bulan Juni,” kata Kepala Bandara Sultan Muhammad Kaharuddin Sumbawa, Tri Pono Wijianto, Jumat, 3 Mei 2024.

Dikatakannya, jika tidak ada gangguan, seminggu kedepan sudah mulai tahapan finishing dengan panjang landasan 1.800 meter. Hanya saja yang dilakukan penebalan sepanjang 1.650 meter sebab, sisa landasan yang lain sudah bagus.

“Tinggal kita lakukan overlay di wilayah apron saja. Saat pengerjaan di wilayah apron, sebagian wilayah itu ditutup agar pengerjaannya bisa cepat,” ucapnya.

Dia menjelaskan, jadwal pengerjaannya tidak direncanakan dalam waktu panjang. Hal ini dilakukan demi kecepatan pengerjaannya dengan tetap melihat kondisi yang terjadi di lapangan.

“Overlay kita lakukan untuk mendukung kegiatan internasional yang dilaksanakan Sumbawa, salah satunya adalah MXGP,” tambahnya.

Selama pengerjaan, lanjut Tri, tidak ada hambatan yang berarti. Hanya saja saat pelaksanaannya sempat terkendala hujan beberapa waktu lalu dan pengerjaannya tetap berlanjut sesuai rencana.

“Pengerjaannya tidak mengganggu jadwal penerbangan karena dilakukan siang hingga malam hari,” tukasnya. (ils)