Dua Guru Besar Universitas Seville Spanyol Kunjungi Universitas Hamzanwadi

0

Selong (Suara NTB) – Rektor Universitas Hamzanwadi Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, MPd., menerima kunjungan dua guru besar dari Universitas Seville Spanyol, Kamis, 2 Mei 2024. Dua akademisi Spanyol itu adalah Prof. Dr. Francis Ries and Prof. Dr. Luis Carrasco Páez.

Hal ini disampaikan Humas Universitas Hamzanwadi, Dr. Muhammad Halqi dalam rilisnya kepada Suara NTB, Jumat, 3 Mei 2024. Dia menjelaskan, kunjungan keduanya dalam rangka membawa dokumen MoU yang sudah ditandatangani oleh Rektor Universitas Seville Spanyol.

Kunjungan ini juga bertujuan untuk membahas potensi kerjasama yang erat antara kedua lembaga pendidikan tinggi. Kunjungan kedua profesor itu tidak hanya sekedar seremonial.

Keduanya juga berbagi ilmu lewat “Guest Lecture” tentang penelitian dalam bidang pendidikan kesehatan, khususnya untuk mahasiswa Pendidikan Jasmani di Universitas Hamzanwadi.

Materi yang disampaikan tidak hanya memberikan wawasan baru tetapi juga menawarkan pandangan mendalam tentang perkembangan terkini dalam pendidikan kesehatan.

Acara tersebut menjadi kesempatan berharga bagi mahasiswa untuk belajar langsung dari para pakar di bidangnya.

Rektor Universitas Hamzanwadi, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah mengatakan kunjungan untuk membahas kerjasama ini sangat penting, guna meningkatkan kualitas pendidikan dan penelitian.

Menurut penjelasan Ummi Rohmi dikutip Dr. Halqi, kerjasama internasional seperti ini tidak hanya memberikan manfaat bagi kedua universitas, tetapi juga bagi perkembangan ilmu pengetahuan secara keseluruhan.

Adanya kegiatan seperti ini, Universitas Hamzanwadi terus memperkuat jaringan guna pengembangan ilmu pengetahuan dan kerjasama lintas budaya. Antar kampus juga dapat saling belajar dan bertukar pengalaman untuk menciptakan inovasi yang lebih baik dalam dunia pendidikan dan penelitian

Ummi Rohmi – sapaan akrabnya juga menekankan pentingnya kerjasama antar-mahasiswa dan antar-staf akademik sebagai salah satu cara untuk memperluas wawasan dan praktik pendidikan di berbagai negara.

Diharapkan, dengan kerjasama ini,  ke depan  dapat menghasilkan lulusan yang berkualitas secara akademik dan kemampuan untuk bekerja secara kolaboratif di dunia global.

Selain itu, pembicaraan tentang kerjasama antara kedua universitas membuka peluang kolaborasi yang lebih luas di masa depan.  Diharapkan juga, kunjungan ini bukan hanya menjadi titik awal, tetapi juga fondasi yang kokoh untuk kerjasama jangka panjang yang bermanfaat bagi kedua belah pihak. (rus)