Yusron Hadi Ditunjuk sebagai Plt Kepala BKD

0

Mataram (Suara NTB) – Penjabat (Pj) Gubernur NTB Drs. H. Lalu Gita Ariadi, M.Si., menunjuk Staf Ahli Bidang Pemerintahan dan Aparatur, Politik, Hukum dan Pelayanan Publik Sekretariat Daerah Provinsi NTB H. Yusron Hadi, S.T., MUM., sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi NTB. Yusron Hadi yang menggantikan Drs. Muhammad Nasir ini, ditunjuk berdasarkan Surat Perintah Tugas Pj Gubernur NTB Nomor : 800.1.11.1/1241/BKD/2024 tertanggal 2 Mei 2024.

Pj Sekda NTB Ibnu Salim, S.H., M.Si., yang dikonfirmasi Suara NTB, Kamis, 2 Mei 2024, menjelaskan, penunjukan Yusron Hadi sebagai Plt Kepala BKD adalah suatu hal yang biasa. Nantinya, Plt bertugas untuk menyelenggarakan kelancaran tugas-tugas urusan kepegawaian secara terbatas sampai ditetapkan Kepala BKD definitif.

‘’Selain itu, dalam waktu dekat ini juga mengkoordinasikan persiapan panitia seleksi CPNS 2024 sebanyak 500 formasi, terdiri guru, tenaga medis dan tenaga administrasi, termasuk juga koordinasi persiapan pembangunan Kantor BKN di Mataram dalam waktu dekat ini,’’ terangnya.

Sebelumnya, Ibnu Salim mengakui, sejumlah jabatan di lingkup Pemprov NTB masih kosong. Kebanyakan posisi dan jabatan ini diisi oleh Plt dan Pelaksana Harian (Plh). Dalam melakukan pengisian, pihaknya masih harus melakukan pergeseran pejabat, setelah baru melakukan seleksi terhadap posisi yang lowong. Mengenai waktu, pihaknya masih belum bisa menentukan, karena semuanya tergantung pada Pj Gubernur NTB.

Adapun posisi yang lowong ini adalah Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi NTB, Kepala Dinas Penananam Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Kepala Badan Riset dan Inovasi Daerah. Selain itu, tiga posisi Wakil Direktur RSUD Provinsi NTB yang harus dilakukan seleksi, karena posisi wakil direktur dijabat pejabat eselon II b dan Direktur RSUD Provinsi NTB naik menjadi eselon II a. Sebelumnya posisi wakil direktur dijabat pejabat eselon III A, sehingga harus dilakukan seleksi. Terbaru, posisi Kepala BKKD Provinsi NTB lowong,karena pejabat sebelumnya Muhammad Nasir sudah purna tugas per 1 Mei 2024.

Begitu juga dengan Pj Gubernur NTB H. Lalu Gita Ariadi, dalam Surat Perintah Tugasnya, menjelaskan, terhitung mulai tanggal 2 Mei 2024, di samping tugasnya sebagai Staf Ahli Bidang Pemerintahan dan Aparatur, Politik, Hukum dan Pelayanan Publik Setda Provinsi NTB, Yusron Hadi juga sebagai Plt Kepala BKD Provinsi NTB sampai dengan diangkatnya pejabat definitif atau paling lama sampai dengan tanggal 1 Agustus 2024 jika belum pejabat definitif belum diangkat.

Dalam hal ini, Yusron diminta melaksanakan tugas /urusan yang terkait dengan tugas pokok dan fungsi Kepala BKD, kecuali pengambilan keputusan dan/atau tindakan yang bersifat strategis yang berdampak pada perubahan status hukum pada aspek kepegawaian yang meliputi pengangkatan, pemindahan dan pemberhentian PNS.

Sementara Plt Kepala BKD H. Yusron Hadi siap melaksanakan tugas di manapun ditugaskan. Dalam hal ini, ujarnya, dirinya tidak ada menerima penugasan khusus dari pimpinan saat menangani masalah kepegawaian. (ham)