Peringatan May Day di KSB, Bupati Ajak Semua Elemen Introspeksi Diri

0

Taliwang (Suara NTB) – Bupati Sumbawa Barat, H. W. Musyafirin mengajak seluruh elemen yang terkait dengan sistem perburuhan untuk bersama-sama mengintrospeksi diri. Menurut orang nomor satu di KSB itu, sebuah hubungan industrial yang baik dapat berjalan jika tiap pihak didalamnya menyadari tanggung jawabnya masing-masing.

“Ada tiga elemen dalam sistem perburuhan itu, pertama perusahaan, buruh atau karyawan dan yang terakhir pemerintah. Elemen ini harus menjalankan fungsi dan tanggung jawabnya,” tegas bupati dalam sambutannya pada acara peringatan May Day 2024 yang digelar Disnakertrans KSB, Rabu, 1 Mei 2024 .

Baca Artikel Lainnya …

Bapanas Terbitkan HAP Baru Jagung, Harga Telur dan Daging Unggas Diprediksi Naik

 

 

Bupati mengatakan, sebagai buruh yang profesional seorang karyawan harus menunjukkan kinerja terbaiknya. Sebab hasil kerjanya akan menunjang penciptaan produk yang baik pula. “Nah kalau hasil kerjanya bagus maka perusahaan sesuai tanggung jawabnya pasti akan memberikan salary (gaji) yang sesuai juga pastinya sebagai tanggung jawabnya,” katanya.

Di sisi pemerintah, kata bupati bertugas sebagai fasilitator. Pemerintah menurunya, selama ini tetap berupaya membuat regulasi yang mengakomodir kepentingan karyawan dan perusahaan. Termasuk memberikan pelayanan terbaiknya kepada kedua belah pihak. “Alhamdulillah kita di KSB ini semua pihak kita layani sama baiknya. Karena pemerintah punya kepentingan juga, yakni memastikan investasi berjalan lancar,” tukasnya.

Bupati pun menyampaikan, momen hari buruh ini bisa menjadi wadah para pihak mengintrospeksi diri. Apakah kemudian kewajiban dan tanggung jawab masing-masing telah dilaksanakan. Dengan demikian diharapkan, kedepan semua persoalan-persoalan hubungan industrial bisa teratasi terutama di KSB ini. “Terutama perusahaan, pertanyakan kembali apakah kewajiban perusahaan sudah dilaksanakan untuk kebaikan perusahaan dan kesejahteraan buruhnya,” tegas bupati.

Sementara itu kepala Disnakertrans KSB, Slamet Riadi menjelaskan, agenda peringatan My Day yang diselenggarakan tahun ini diisi dengan sejumlah kegiatan. Mulai dari Forum Discussion Group (FGD), kegiatan donasi, bakti sosial hingga kegiatan senam bersama masyarakat. “Kegiatan ini kami gelar sejak kemarin (Selasa), dan hari ini puncaknya kita adakan kegiatan senam massal dan donasi,” katanya dalam laporannya.

Selanjutnya ia menyampaikan, momen May Day tahun ini diharapkan bisa membuka ruang komunikasi yang lebih baik antara perusahaan dan para pekerja. “Kemarin saat FGD banyak persoalan yang mencuat kemudian kita simpulkan solusinya bersama perusahaan dan pekerja. Nah cara-cara ini ke depan tentu bisa terus kita terapkan agar setiap persoalan perburuhan tidak lagi harus diselesaikan dengan aksi (demonstrasi),” imbuhnya. (bug)