Jadi Atensi Nasional, Pj Bupati Lobar Perintahkan OPD Sigap Turunkan Stunting

0

Giri Menang (Suara NTB) – Penjabat (Pj.) Bupati Lombok Barat (Lobar), H. Ilham langsung menindaklanjuti instruksi Menteri Dalam Negeri yang disampaikan oleh Pj Gubernur NTB, H. Lalu Gita Aryadi beberapa waktu lalu terkait penanganan stunting yang menjadi atensi nasional. Pj Bupati Lobar langsung bergerak dengan mengumpulkan semua Kepala OPD yang tergabung dalam Tim Percepatan Penurunan Stuting (TPPS) Kabupaten Lombok Barat di Ruang Rapat Jayengrane, Kantor Bupati Lobar, Selasa 30 April 2024.

Hadir dalam kegiatan ini Pj Bupati Lobar H. ilham, Pj Ketua TPP PKK Lobar Hj. Erni Zuhara, Kepala OPD, camat dan para kepala desa. Dalam arahannya, H. Ilham menyampaikan, penurunan angka stunting merupakan program nasional yang harus didukung penuh oleh semua daerah di Indonesia. Hal ini tertuang langsung dalam uraian tugas surat keputusan menteri dalam negeri.

Karenanya ia meminta semua OPD untuk bergerak dan sigap dalam menurunkan angka stunting di Lobar.

“Ini menjadi tugas penting kita semua agar stunting di Lobar dapat terus menurun atau berada di bawah target nasional. Kami minta semua sigap dan tanggap dalam melaksanakan program penurunan stunting,” tegasnya.

Pj Bupati Lobar yang pernah menjadi Inspektur Lobar ini menekankan agar semua yang tergabung dalam TPPS dapat memperhatikan berbagai aspek dalam melaksanakan program. Salah satunya adalah aspek administrasi dan bukti bukti fisik. Hal ini diperlukan sebagai bukti nyata dan konkret upaya Pemda dalam menurunkan stunting.

Ia juga meminta agar OPD memberikan laporan update tentang langkah dan upaya penurunan stunting. “Saya minta kerjasama dan kolaborasi semua pihak dalam upaya penurunan stunting ini tentu dengan tetap memperhatikan indikator kerja daerah,” ujarnya.

Sementara itu kepala DP2KBP3A H. Ramdhan Heryanto mengatakan, bahwa posisi stunting Lobar saat ini berada pads angka 11,08 persen. Hal ini telah mengalami penurunan dari tahun sebelumnya. Ia mengatakan target daerah stunting bisa berada di angka satu digit di tahun 2024.

Hal ini sebagai upaya nyata pemkab lobar dalam mendukung upaya pemerintah menurunkan angka stunting hingga 14 persen di tahun 2024. “Kita bergerak bersama dengan kolaborasi dan sigap untuk menurunkan stunting hingga satu digit sesuai dengan yang telah kita targetkan,” ujarnya. (her)