Fakultas Pertanian Unram – Powersim Bekerjasama Mengembangkan Teknologi Pertanian Rendah Karbon dan Ketahanan Iklim di NTB

0

Mataram (Suara NTB)-Fakultas Pertanian UNRAM dan System Dynamics Center (SDC)/Powersim perwakilan Indonesia mengumumkan kemitraan strategis untuk mendukung pembangunan rendah karbon dan ketahanan iklim di Provinsi NTB.

Ditandai dengan kerjasama antar para pihak. Dekan Fakultas Pertanian Unram, Dr. Ir. Bambang Diipokusumo,.M.Si, dan Dr. Imran Firmansyah.,M.Si dari Powersim Perwakilan Indonesia. Penandatanganan kerjasama juga disaksikan masing-masing jajaran para pihak.

Kerjasama ini bertujuan untuk memanfaatkan pengetahuan dan teknologi terkini dalam bidang pertanian dan simulasi model dinamika sistem untuk menciptakan solusi inovatif yang dapat membantu NTB dalam transisi ke pembangunan rendah karbon dan berketahan iklim.

“Kami sangat senang bisa bekerja sama dengan SDC/Powersim perwakilan Indonesia,” kata Dr. Ir. Bambang Diipokusumo,.M.Si, saat melakukan pendanatanganan kerjasama di Hotel Aston Inn, Mataram, Rabu (1/4/2024).

Ia meyakini, dengan menggabungkan keahlian SDM di Fakultas Pertanian Unram dalam pertanian berkelanjutan dan teknologi modeling berbasis system dynamics dengan bantuan sofware sistem Powersim, dapat menciptakan solusi yang efektif dan berdampak nyata bagi masyarakat NTB.

Untuk diketahui, SDC/Powersim perwakilan Indonesia, sebagai pemimpin dalam bidang simulasi sistem, akan memberikan dukungan teknis dan pengetahuan untuk membantu Fakultas Pertanian dalam mengembangkan dan menerapkan strategi dan teknologi pertanian rendah karbon.

“Kami bangga bisa berkontribusi dalam upaya penting ini. Kami berkomitmen untuk membantu NTB menjadi contoh bagi daerah lain dalam upaya menuju pembangunan rendah karbon dan berketahan iklim” kata kepala sekaligus Direktur Powersim Perwakilan Indonesia, Dr. Imran Firmansyah.,M.Si.

Kemitraan ini diharapkan dapat membantu NTB dalam mencapai target pembangunan berkelanjutan, serta memberikan manfaat langsung bagi masyarakat lokal dalam bentuk pekerjaan hijau dan peningkatan kualitas hidup.(bul)