12 Ruas Jalan di NTB Jadi Prioritas Kementerian PUPR di Tahun 2024

0

Mataram (Suara NTB) – Kementerian PUPR memberikan prioritas di 12 ruas jalan di Provinsi NTB tahun 2024 ini. Seluruh ruas jalan tersebut tersebar di Pulau Lombok dan Sumbawa. Pembangunan infrastruktur jalan selama ini dilakukan dengan melihat usulan dari daerah-daerah .

Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Nusa Tenggara Barat, Indra Cahya Kusuma menjelaskan, untuk di Pulau Lombok ada dua lokasi pelaksanaan proyek jalan yaitu di peningkatan jalan tanah di Tanak Beak- TWA Gunung Tunak Lombok Tengah dan pelebaran jalan Tanjung Geres – Pohgading Pringgabaya Lombok Timur.

“Total itu ada 10 kilo meter di Pulau Lombok,” kata Indra Cahya Kusuma disela peresmian jalan Inpres Daerah di Lembar Lombok Barat oleh Presiden Jokowi, Kamis, 2 Mei 2024.

Sementara di Pulau Sumbawa, terutama di Kabupaten Sumbawa dan Sumbawa Barat terdapat enam jenis kegiatan di tahun 2024 ini. Yang pertama yaitu peningkatan jalan di wilayah Jelenga Sumbawa Barat yang merupakan lanjutan dari tahun kemarin, mengingat proyek ini menggunakan pola tahun jamak atau multi years.

Di Kabupaten Sumbawa ada pembangunan Jalan Tepal – Baturotok dengan panjan 1 Km dan satu buah jembatan, kemudian rekonstruksi jalan Batu Dulang – Tepal dengan Panjang 4 Km, rekonstruksi jalan Batu Dulang – Tepal II dengan Panjang 4,7 Km.

“Ini adalah arahan dari pak Menteri dalam rangka kita mengakses ke Baturotok. Sebab kita tahu Baturotok sangat kesulitan aksesnya, terpencil. Untuk ibu-ibu hamil yang membutuhkan fasilitas kesehatan itu sangat kasian,” kata Indra.

Selanjutnya proyek peningkatan ruas jalan Lenangguar – Teladan Sumbawa dengan panjang 7,4 Km, serta penyelesaian akses jalan Samota Sumbawa sepanjang 1,28 Km dan 250 meter jembatan. 250 meter jembatan ini terdiri dari empat buah jembatan yaitu Aik Barik I hingga jembatan Aik Barik IV.
“Ini posisinya di Teluk Samota, ini menjadi jembatan terpanjang. Ini untuk wisata dan untuk kedepannya untuk akses Pelabuhan,” katanya.(ris)