Hari Ini, Pelaksanaan UTBK-SNBT Gelombang I di Unram Dimulai

0

Mataram (Suara NTB) – Pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) Gelombang I di Universitas Mataram (Unram) dimulai Selasa, 30 April 2024 hari ini. Pelaksanaan UTBK-SNBT gelombang pertama akan berakhir sampai dengan 7 Mei 2024.

Terkait lokasi ujian, panitia Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Unram telah menyiapkan delapan lokasi dengan 25 ruangan ujian. Wakil Rektor Bidang Akademik Unram, Prof. Dr. Sitti Hilyana, M.Si., menyebut di UPA Pustik delapan ruangan, FKIP dua ruangan, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan empat ruangan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis tiga ruangan. Kemudian, Fakultas MIPA satu ruangan, Fakultas Teknik empat ruangan, Perpustakaan dua ruangan, dan di Prodi Perairan Fakultas Pertanian satu ruang.

Sitti Hilyana menjelaskan, pelaksanaan UTBK tahun ini tidak jauh berbeda dari tahun sebelumnya, yakni para peserta akan terbagi dalam dua sesi ujian. “Ada sesi pagi yang mulai pukul 07.45 sampai 11.30 Wita. Selanjutnya, sesi siang pada pukul 13.30 sampai 17.15 Wita,” jelas Sitti Hilyana.

Sebagai syarat mengikuti ujian, panitia PMB Unram mewajibkan peserta membawa kartu tanda peserta UTBK-SNBT 2024. Lalu, ijazah asli atau fotokopi ijazah yang sudah dilegalisir bagi lulusan 2022 dan 2023 maupun surat keterangan kelas 12 dari kepala sekolah bagi lulusan 2024. Serta, kartu identitas berupa KTP/SIM/Kartu Pelajar asli. Peserta juga diminta dapat mengikuti tata tertib yang berlaku selama pelaksanaan UTBK berlangsung.

“Selain itu, peserta kami wajibkan untuk melihat lokasi ujian sehari sebelum pelaksanaan ujian. Kemudian, menempati tempat duduk sesuai nomor meja yang sudah ditentukan. Serta, menulis nama dan nomor peserta pada kertas buram yang telah disediakan pengawas,” tambah Sitti Hilyana.

Adapun jumlah peserta yang akan mengikuti UTBK di Unram pada tahun ini sebanyak 12.209. Jumlah tersebut berdasarkan data pendaftaran UTBK-SNBT 2024 yang telah ditutup pada 5 April lalu.

Jalur SNBT Ini merupakan penyumbang kuota terbanyak dibandingkan dengan jalur lainnya seperti jalur SNBP dan jalur Mandiri. “Jalur SNBT kita akan menerima 50 persen dari total keseluruhan jalur masuk dan akan diterima di 40 program studi untuk S1 dan nanti untuk S2 dan S3 nya ada jalur spesifiknya,” ungkap Sitti Hilyana.

Pelaksanaan UTBK-SNBT ini akan terbagi menjadi 2 gelombang. Gelombang 1 akan dilaksanakan pada 30 April dan 2–7 Mei 2024, sedangkan Gelombang 2 akan dilaksanakan pada 14–20 Mei 2024 dan masing-masing gelombang berlangsung selama 7 hari. (ron)