Bentuk Karakter Tangguh, SMKN 7 Mataram Gelar Perjusami

0

Mataram (Suara NTB) – Sebagai upaya pembentukan karekter yang tangguh, disiplin berkepribadian jujur dan bertanggung jawab pada peserta didik maka Pramuka Gugus depan 04-055 04-056 Pramuka Pangkalan SMKN 7 Mataram mengadakan Perkemahan Jumat – Sabtu – Minggu (Perjusami). Kegiatan tersebut berlangsung dari tangal 26 sampai 28 April 2024.

Perjusami diikuti seluruh siswa Kelas X SMKN 7 Mataram yang berjumlah 320 siswa. Kegiatan Perjusami ini sebagai Implementsi dari Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila atau yang disingkat P5. Tema yang diangkat dalam kegiatan ini adalah “Bangun Jiwa Raga Untuk membentuk Pribadi Tangguh Jujur Disiplin dan Bertanggung Jawab”.

Kepala SMKN 7 Mataram Drs. Artawan selaku Kamabigus mengatakan Ekskul Kepramukaan adalah salah satu ekskul yang konsen pada pembentukan karekter dan kedisiplinan pada siswa, karena hal ini sangat relevan dengan kehidupan saat ini. Apalagi sudah mulai menurunnya karakter dan kedisiplinan hampir di semua lini, karena faktor pengaruh teknologi yang tidak ada batasnya.

Oleh karena itu, ujarnya, dengan kegiatan Perjusami semacam ini diharapkan agar tumbuh karakter yang baik, disiplin jujur dan bertanggung jawab pada seluruh elemen masyarakat, khususnya siswa siswi SMKN 7 Mataram. ‘’Di samping itu pula, jika seluruh peserta Perjusami menghayati makna dari Tri Satya dan Dasa Dharma Pramuka, maka yakin dan percayalah bahwa setiap orang itu tentu akan melakukan tindakan-tindakan yang positif sebagai bentuk pengamalan dari Dasa Dharma khususnya Dasa Dharma ke sepuluh yakni suci dalam pikiran, perkataan dan perbuatan,’’ ujarnya.

Pihaknya menyampaikan apresiasi yang setinggi-tinggi kepada seluruh peserta yang telah mengikuti kegiatan tersebut, karena kegiatan ini tentu memberi arti tersendiri kepada seluruh peserta akan mendapatkan ilmu baru yang belum pernah didapatkan sebelumnya. Begitu juga pada seluruh panitia dan pemateri yang telah menyiapkan kegiatan tersebut, pihaknya memberikan apresiasi, sehingga bisa terselenggara sesuai dengan yang diharapkan. ‘’Walaupun dalam keterbatasan dana, namun tidak mengurangi makna dari kegiatan tersebut,’’ pesannya.

Sementara itu Pembina Pramuka Gugus Depan 04-055 04-056 Pramuka Pangkalan SMKN 7 Mataram Akhmad Ramli, SH, S.Pd., mengatakan kegiatan semacam ini adalah kegiatan yang kelima yang diadakan di SMKN 7 Mataram yang mana tahun-tahun sebelumnya bernama Kegiatan Pendidikan Kepramukaan Sistem BLOK namun kali ini berganti Nama Menjadi Implementasi Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila atau P5.

Pihaknya menyampaikan terima kasih kepada Kepala SMKN 7 Mataram yang telah memfasilitasi kegiatan tersebut, karena tanpa dukungan dan support dari Kepala sekolah tentu kegiatan tersebut tidak bisa terlaksana.

Pelatih Pramuka SMKN & Mataram Deni Masrahul, S.Pi., M.Tp., menjelaskan, pemateri yang dihadirkan dalam kegiatan ini adalah dari pramuka andalan Kwarcab Kota Mataram dan Pramuka Andalan Kwarda NTB.

Kegiatan ini terbagi menjadi beberapa sesi dan akhir dari Perjusami ini adalah pengukuhan atau pelantikan anggota baru Pramuka SMKN 7 Mataram, karena setiap anggota baru dalam Pramuka baru secara resmi diakui sebagai anggota baru jika sudah dikukuhkan atau dilantik. (ham)