Tips #Cari_Aman Semeton Honda NTB, Memilih Warna Jas Hujan

0

Mataram (Suara NTB) – Saat musim hujan datang, salah satu item perlengkapan berkendara yang wajib dimiliki atau dibawa selalu di dalam jok motor adalah jas hujan.

“Jas hujan menjadi perlengkapan penting yang harus dimiliki setiap pengendara bermotor. Dan jas hujan menjadi wajib disimpan rapi dalam bagasi motor ya,” kata Satria Wiman Jaya Instruktur Safety Riding Astra Motor NTB.

Ada berbagai macam jenis jas hujan yang tersedia di pasaran, tapi tidak semua jenis aman untuk berkendara ya Semeton. Sebab, ada beberapa aturan jas hujan yang sesuai dengan aspek keselamatan dan keamanan. Kami akan bagikan tips dan trik amannya, yuk disimak.

1. Pilih Warna Jas Hujan Terang/Cerah
Warna dari jas hujan sangat disarankan yang berwarna terang. Jangan gelap. Fungsinya agar warna terang dapat membuat pengendara mudah terlihat jelas oleh pengendara lain.

2. Pilih jenis Jas Hujan Cloating Glossy
Pilihlah bahan jas hujan yang berkualitas, minimal berbahan coating glossy atau bahan bening yang anti embun seperti jas hujan dari Polyvinyl chloride (PVC). Jenis jas hujan berbahan PVC merupakan material yang bersifat kedap air dan tingkat ketebalannya sedang sehingga akan tetap nyaman saat digunakan. Ini bertujuan supaya pengendara tetap nyaman saat bergerak.

3. Pilih Model Baju dan Celana
Model ini diyakini akan lebih membuat pengendara merasa aman dan nyaman saat digunakan berkendara. Karena tak menimbulkan gangguan seperti jas hujan yang berbentuk ponco atau kelelawar. Sebab model jas hujan ponco mudah terbang dan berpotensi tersangkut rantai, gir, atau kendaraan di sekitar.

4. Pilih Jas Hujan yang Pas Badan
Aturannya model jas hujan harus benar-benar fit dan tidak terlalu longgar ketika digunakan. Jas hujan yang kebesaran, jika tidak diduduki dengan benar, bisa membuatnya “terbang”. Kondisi ini, selain bisa menghalangi pemandangan pengendara, juga bisa nyangkut di rantai. Tentu saja ini sangat membahayakan pengendara.

“Itu dia beberapa tips sederhana untuk memilih jas hujan ya Semeton. Semoga tips ini bermanfaat dan dapat terus meningkatkan kewaspadaan Semeton saat berkendara di jalan. Ingat untuk selalu mengutamakan keselamatan diri sendiri juga pengendara lainnya,” tutup Satria.(bul)