Sosok H. Ilham Pj Bupati Lobar, Awali Karir dari Tenaga Pendidik, Kepala Sekolah hingga Jabat Sekda

0

Sosok H. Ilham, S.Pd., M.Pd., yang hari ini dilantik sebagai Penjabat (Pj) Bupati Lombok Barat (Lobar) mengawali karier dari bawah, sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) guru atau tenaga pendidik. Ilham juga pernah menjadi kepala sekolah di beberapa sekolah. Sebelum kemudian menjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Lobar, posisi jabatan karir tertinggi ASN di kabupaten/kota yang saat ini ia emban.

H. Ilham, pria yang lahir di Gelogor, Kecamatan Kediri tanggal 31 Desember 1965 tersebut diangkat sebagai PNS guru. Dari guru ia diangkat menjadi kepala sekolah di beberapa sekolah di Lobar. Dari jabatan ini, Ilham kemudian naik sebagai kepala dinas di beberapa OPD. Pertama ia dipercaya dan dilantik sebagai kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah tanggal 13 Juni 2012 silam. Selang dua tahun, ia menjabat Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan 27 Oktober 2014.

Tahun 2016, Ilham dipercaya sebagai Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga. Setelah itu, tahun 2018 dilantik oleh Bupati Lobar H. Fauzan Khalid sebagai Asisten I Setda Lobar. Kemudian, tahun 2020 ia dipindah sebagai Inspektur Kabupaten Lobar. Pada tahun yang sama, ia dipindah sebagai Asisten III Setda Lobar. Hampir dua tahun menjabat Asisten III Setda Lobar, karier Ilham dipercaya sebagai Sekda Lobar oleh Bupati H. Fauzan Khalid menggantikan Dr. H. Baihaqi yang memilih melanjutkan karirnya sebagai tenaga dosen di salah satu perguruan tinggi di NTB.

Selama menjalani kariernya sebagai ASN, Ilham meraih sejumlah prestasi, baik regional maupun nasional. Di mana tahun 2018 lalu ia mendapat penghargaan Satya Lancana Karya Sapta XXX dari Presiden RI. Kemudian menjadi guru teladan dan kepala sekolah berprestasi. Ilham juga mengikuti berbagai pendidikan dan pelatihan jabatan struktural. Selain itu, pendidikan dan pelatihan non struktural. Di dunia organisasi, Ilham pun tercatat sebagai Ketua Forum Sekda Provinsi NTB. Ia juga aktif di beberapa organisasi, seperti KNPI, PMI, NU dan KONI.  (her)