555 Ekor Sapi Potong Dompu Dikirim ke Jakarta

0

Dompu (Suara NTB) – Kebutuhan sapi potong menjelang Idul Adha tahun 2025 mulai dipasok oleh petani dan pengusaha ternak asal Kabupaten Dompu. Sebanyak 555 ekor sapi yang dimuat dengan mobil tronton tujuan Jakarta, Senin, 22 April 2024 dilepas.

Pengiriman perdana sapi potong kebutuhan idul qurban tahun 2024 dilepas secara resmi oleh Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Dompu, Muhammad Abduh, MSI di lapangan Mbawi Kecamatan Dompu, Senin sore. “Untuk pengiriman perdana kebutuhan hewan qurban daerah Jakarta tahun ini dilepas dari Mbaw  sore ini,” kata Muhammad Abduh.

Abduh mengatakan, 555 ekor ini merupakan sapi yang berasal dari berbagai daerah di Kabupaten Dompu. Sapi – sapi ini sudah dinyatakan memenuhi syarat kesehatan, usia ternak potong, dan berat ternak. “Tanggal 27 April lagi nanti, kita akan lepas kembali 7 tronton sapi potong tujuan Jakarta dari Lepadi,” katanya.

Ia pun memastikan, ternak – ternak ini diyakini akan cepat laku terjual. Selain dikirim lebih awal, kekhawatiran tidak terjual seperti tahun 2023 kecil kemungkinan. Karena pengiriman ternak ini disesuaikan dengan kebutuhan dan dilakukan verifikasi yang ketat bersama daerah penerima sapi potong. “Kita berharap, pengiriman ternak ini memberi keuntungan bagi petani ternak dan pengusaha ternak dengan harga yang lebih baik,” harapnya.

Muhammad Abduh juga mengungkapkan, Kabupaten Dompu mendapat kuota yang lebih besar untuk pengiriman ternak potong ke luar daerah tahun 2024 ini. Sebanyak 11 ribu ekor sapi potong asal Kabupaten Dompu diijinkan untuk dikirim ke luar daerah. Jumlah ini jauh lebih besar dibandingkan tahun 2023 lalu yang hanya 6 ribu ekor.

Pengiriman ternak potong Dompu tujuannya wilayah Kalimantan, Sulawesi, dan Jakarta. Untuk Kalimantan dan Sulawesi sebagai daerah rutin jalur perdagangan ternak Dompu. Sementara untuk Jakarta khusus untuk memenuhi kebutuhan hewan qurban. (ula)