Ratusan Pelaku UMKM Disiapkan Jelang MXGP Samota

0

Sumbawa Besar (Suara NTB) – Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perindustrian dan Perdagangan, Kabupaten Sumbawa, menyiapkan sekitar 200 stand yang diperuntukkan bagi pelaku UMKM jelang pelaksanaan event MXGP di Sirkuit Samota pada bulan Juni mendatang.

“Yang kita siapkan ada 200 UMKM, saat ini teman-teman di bidang UMKM tengah menyiapkan semuanya termasuk melakukan inventarisasi produk yang akan kita gelar disana,” ucap Kapala Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perindustrian dan Perdagangan, Tata Kostara kepada Suara NTB, Rabu, 17 April 2024.

Ratusan pelaku UMKM tersebut lanjut dia, akan diusahakan memiliki usaha yang beragam (tidak satu jenis usaha). Sehingga masyarakat memiliki pilihan produk UMKM apa saja yang akan dinikmati pada saat event tersebut.

“Kalau satu jenis saja (UMKM) akan terasa hambar, sehingga kita akan upayakan ada variasi supaya masyarakat tidak hanya menikmati satu jenis produk UMKM saja,” ujarnya.

Kordinasi intensif dengan para pelaku UMKM juga terus dilakukan, apalagi persiapannya kurang dari dua bulan. Bahkan pola kordinasi dan menginformasikan ke parah pelaku usaha sudah dilakukan sejak sebelum puasa dengan harapan mereka bisa segera siap.

“Kita berharap saat perhelatan MXGP sudah siap semua, makanya kita tetap intens berkoordinasi dengan pelaku UMKM yang kita data sebelumnya,” ucapnya.

Dia pun memastikan, bahwa pelaksanaan MXGP tahun 2024 akan jauh lebih baik dibandingkan dengan tahun lalu. Salah satunya terkait dengan lokasi stand UMKM sehingga tidak ada kesan pilih kasih antara pelaku UMKM satu dan yang lainnya.

“Nanti akan kita mencoba untuk mendesign, bahwa stand UMKM ini dekat dan bisa diakses oleh seluruh pengunjung, karena pengalaman tahun lalu sangat jauh,” tambahnya.

Seraya mengajak kepada semua pihak untuk mendukung kegiatan MXGP Samota karena akan mampu mendongkrak perekonomian masyarakat. Hal itu juga menjadi salah satu cara untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Sumbawa yang berdampak pada peningkatan kesejahteraan.

“Tahun sebelumnya kita sudah sukses menyelenggarakan event MXGP dan tahun ini juga harus bisa lebih baik untuk mendukung pertumbuhan ekonomi masyarakat,” tukasnya. (ils)