Lotim Dapat 100 Formasi CPNS Tahun 2024

0

Selong (Suara NTB) – Tahun 2024 Kabupaten Lombok Timur (Lotim) akan gelar rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Tahun ini Lotim hanya mendapatkan 100 formasi CPNS.

Kepala BKPSDM Lotim, H. Mugni, menjelaskan kepada media Rabu, 17 April 2024, dari total 100 formasi tersebut, 60 akan dialokasikan untuk tenaga kesehatan (Nakes) dan 40 untuk tenaga teknis lainnya. Untuk sementara tidak ada kuota CPNS untuk guru.

Perekrutan tenaga guru akan dialihkan melalui Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Total 1.600 formasi, terdiri dari 1.500 untuk PPPK dan 100 untuk CPNS, akan tersedia tahun ini. Dari jumlah tersebut, 500 formasi PPPK untuk tenaga guru, 500 untuk Nakes, dan 500 untuk tenaga teknis lainnya.

PPPK akan terbuka bagi Non ASN yang terdaftar dalam database tahun 2022, setelah pendataan oleh Menpan-RB. Honorer yang tidak terdata disarankan mendaftar seleksi CPNS. Proses perekrutan CPNS dan PPPK akan mengacu pada pendidikan, khususnya untuk tenaga kesehatan dan teknis.

Pemkab Lotim juga akan mengusulkan pengangkatan PPPK untuk Satpol-PP tahun ini. Sementara itu, 504 ASN di Lotim dijadwalkan pensiun tahun ini, dengan rencana penggantian pejabat eselon 3 dan 4, serta pegawai fungsional. PJ Bupati Lotim H M Juaini Taofik menegaskan bahwa perekrutan PPPK, terutama tenaga teknis, akan diatur berdasarkan beban kerja, sementara pengangkatan non ASN akan diselesaikan secara adil. (rus)