Dikes Belum Temukan Kasus Flu Singapura di Sumbawa

0

Sumbawa Besar (Suara NTB) – Dinas Kesehatan (Dikes) Kabupaten Sumbawa, memastikan belum menemukan adanya kasus flu Singapura meski di beberapa wilayah di Indonesia kasus flu tersebut sudah mulai merebak salah satunya di Surabaya.

“Meskipun belum kita temukan di Sumbawa, tetapi kita sudah mulai antisipasi kemungkinan yang kiranya akan terjadi supaya penanganan yang dilakukan bisa maksimal,” kata Kabid P3PL Dikes Sumbawa Syarif Hidayat kepada wartawan, Rabu, 17 April 2024.

Diakuinya, terkait dengan merebaknya kasus flu Singapura sampai dengan saat ini belum ada surat edaran dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Namun surat yang dikeluarkan Kementerian hanya sebatas imbauan untuk mengantisipasi flu Singapura.

“Kalau surat edaran secara resmi belum ada, hanya sebatas imbauan untuk mengantisipasi saja dari Kemenkes,” ucapnya.

Tentu untuk mengantisipasi hal tersebut, pihaknya telah mengimbau kepada seluruh jejaring yang ada di Puskesmas supaya segera melakukan promosi kesehatan. Hal itu dianggap perlu dilakukan sebagai bentuk antisipasi ketika kasus itu ditemukan.

“Kita sudah imbau seluruh Puskesmas untuk intens melakukan promosi kesehatan atas flu Singapura sehingga ketika ada kasus bisa langsung kita tangani,” ucapnya.

Dia pun menyebutkan, ada beberapa gejala bagi orang yang sudah terjangkit flu Singapura sehingga perlu diwaspadai. Yakni munculnya demam 2-3 hari, munculnya sariawan, ruam atau bintik-bintik merah di daerah tangan dan kaki.

“Jadi, ketika ada masyarakat yang mengalami gejala demikian diminta untuk datang ke Puskesmas terdekat untuk dilakukan penanganan secara intensif,” ujarnya.

Disinggung terkait bahaya dari flu Singapura ini, dia memastikan harus segera ditangani untuk pemberian obat sindromatik. Sehingga bisa segera sembuh dan kondisinya tidak semakin parah apalagi penyakit ini juga bisa sembuh dengan sendirinya.

“Penyakit ini bisa sembuh sendiri ketika daya tahan tubuhnya bagus, tetapi jika tidak harus ditangani secara intensif,” tambahnya. (ils)