Bupati Bersama Wabup KLU Kunjungi Warga Terdampak Banjir

0

Tanjung (Suara NTB) – Bupati Kabupaten Lombok Utara (KLU) H. Djohan Sjamsu, S.H, bersama Wakil Bupati (Wabup) Danny Karter Febrianto R., ST., M.Eng., turun meninjau warga korban banjir yang terjadi Selasa, 16 April 2024. Keduanya turun ke titik lokasi banjir di beberapa desa di Kecamatan Kayangan, didampingi aparat Polres Lotara dan jajaran camat dan pemerintah desa terkait.

Usai melihat langsung beberapa lokasi banjir, Bupati mengatakan, banjir yang melanda wilayah Kecamatan Kayangan diakibatkan oleh curah hujan yang tinggi, sehingga tidak hanya rumah warga yang rusak, tapi juga jalan dan jembatan.

“Banjir yang melanda wilayah Kecamatan Kayangan tentunya menjadi perhatian Pemda KLU, terutama bagaimana membantu masyarakat yang terdampak,” ujar Djohan, Rabu, 17 April 2024.

Ia menegaskan, kerusakan infrastruktur jalan dan jembatan, maupun sarana pendukung perkampungan warga akan ditindaklanjuti oleh Pemda melalui dinas terkait. Menurut dia, penanganan jangka pendek dan jangka panjang harus dilakukan mengingat vitalnya sarana dan prasarana tersebut bagi masyarakat.

Kesempatan itu, ia juga mengimbau masyarakat agar tetap waspada terhadap kondisi cuaca. Pasalnya, intensitas hujan yang tinggi bisa saja mengakibatkan banjir bandang akibat akumulasi air hujan dari berbagai wilayah di Kecamatan Kayangan.

Selain itu, penting untuk diperhatikan agar selokan, parit, ataupun sungai kecil yang berada di dekat perkampungan warga tidak dijadikan lokasi pembuangan sampah, sehingga tidak menyumbat aliran air. Pasalnya, sumbatan pada saluran dapat mengalihkan volume air dan menggenangi perkampungan. “Pesan saya kepada masyarakat khususnya yang tinggal di bantaran sungai, untuk senantiasa waspada, terutama saat hujan deras turun,” katanya.

Pada kunjungannya Bupati bersama Wabup juga menyerahkan bantuan kepada warga yang terdampak banjir berupa sembako, selimut, terpal dan kebutuhan lainnya. (ari)