Aplikasi Eror, Pengajuan Formasi CPNS dan PPPK Terhambat

0

Mataram (Suara NTB) – Pemerintah Kota Mataram sampai saat ini belum dapat mengakses pengajuan formasi calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan calon pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK). Pengajuan terkendala aplikasi di pemerintah pusat yang eror. Usulan formasi diperpanjang hingga 20 April 2024.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Mataram, Taufik Priyono menerangkan, pengajuan formasi calon pegawai negeri sipil dan calon pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja belum bisa diakses karena masih ada masalah pada sistem aplikasi dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB). Kebijakan pemerintah pusat memperpanjang pengajuan usulan hingga Sabtu, 20 April 2024 pekan ini. “Jadi diperpanjang sampai 20 April,” jelas Yoyok, sapaan akrabnya ditemui pada Rabu, 17 April 2024.

Bermasalahnya sistem tersebut sambungnya, Bagian Organisasi dan Tata Laksana Setda Kota Mataram karena tidak mengentri formasi jabatan yang dibutuhkan. Praktis ini juga pengaruh terhadap input formasi sesuai kebutuhan. “Selesai Bagian Ortal menginput, tetapi di aplikasi tidak terbaca,” terangnya.

Yoyok menambahkan, formasi jabatan telah tuntas dan disesuaikan dengan nomenklatur jabatan dari pemerintah pusat. Untuk jumlah formasi tidak mengalami perubahan. Sejumlah 685 formasi yang diusulkan untuk CPNS dan PPPK.

Formasi ini terbagi menjadi dua yakni 102 formasi untuk kebutuhan CPNS dan sebanyak 583 untuk formasi PPPK. Untuk formasi CPNS sebanyak 102 itu terdiri atas 80 formasi untuk kebutuhan tenaga teknis, kemudian sembilan  formasi untuk tenaga pendidik atau guru, sisanya 13 formasi untuk tenaga kesehatan (nakes). Sementara formasi untuk kebutuhan PPPK sebanyak 583 formasi terdiri atas Tenaga Harian Kontrak (THK) atau K2 sejumlah 341, kemudian 59 formasi untuk non-THK, 96 formasi guru dan nakes 87 formasi.

Khusus tenaga kependidikan, pemerintah pusat hanya membuka untuk PPPK saja. Artinya, usulan sembilan formasi CPNS dihapus sehingga total formasi diusulkan mencapai 676 formasi. (cem)