686 JCH Telah Lunasi Ongkos Berangkat Haji

0

Mataram (Suara NTB) – Sejumlah 686 jemaah calon haji (JCH) asal Kota Mataram telah melunasi ongkos berangkat haji tahun 2024. Pelaksanaan manasik haji mulai digelar pada Sabtu, 20 April 2024 serentak di masing-masing kecamatan.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Mataram, H. Jaelani menyebutkan, sejumlah 686 JCH telah melunasi biaya perjalanan ibadah haji (BPIH) tahun 2024. Mekanisme pelunasan ongkos berangkat haji, jemaah harus menjalankan pemeriksaan kesehatan di fasilitas kesehatan. Setelah dinyatakan layak kemudian melunasi ke bank.

 “Jadi setelah cek kesehatan baru bisa melunasi,” kata Jaelani dikonfirmasi pada Rabu, 16 April 2024.

Jaelani mengakui, jemaah yang memiliki kesempatan sembuh sampai berangkat masih terus menunggu. Berdasarkan surat keterangan dari Dinas Kesehatan bahwa hanya satu calon jemaah haji tidak memungkinkan untuk melaksanakan ibadah haji ke Tanah Suci Mekkah, karena alasan kesehatan. Adapun jemaah yang memiliki resiko tinggi masih memungkinkan berangkat. “Cuma satu orang kok yang kemungkinan tidak bisa berangkat,” sebutnya.

Selanjutnya, jemaah akan mendapatkan bimbingan manasik haji di masing-masing kecamatan. Pelatihan manasik haji tingkat kota telah digelar selama dua kali saat bulan Ramadhan.

Dari jumlah 686 JCH, juga terdapat calon jemaah haji cadangan mencapai 200 orang lebih. Untuk data yang masuk sebagai kloter tambahan 54 orang. Hal ini dikarenakan jemaah reguler dinyatakan kurang sehat. “Tetapi semuanya masih dalam proses,” ujarnya.

Untuk jadwal pemberangkatan JCH Kota Mataram akan ditentukan oleh Kementerian Agama RI. Kemenag akan membagi masing-masing kabupaten/kota, apakah masuk kelompok terbang (kloter) satu atau seterusnya. “Istilahnya nanti dikocok atau diundi daerah mana yang dapat kloter 1,2 dan seterusnya,” demikian kata Jaelani. (cem)