Termasuk The Mandalika, Kemenkonmarves Beri Subsidi Penerbangan ke Lima DPSP Nasional

0

Praya (Suara NTB) – Kementerian Koordinasi Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenkomarves) saat ini tengah menyiapkan skema pemberian subdisi penerbangan ke lima Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) nasional. Termasuk penerbangan ke Pulau Lombok tempat kawasan The Mandalika berada. Pemberian subsidi penerbangan tersebut rencananya akan dimulai awal bulan Mei mendatang.
“Skema serta teknis pemberian subsidi penerbangan ini sedang dipersiapkan oleh Kemenkomarves.

Targetnya, bulan Mei mendatang program ini sudah bisa dimulai. Untuk lima DPSP,” ungkap Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) NTB Jamaluddin Maladi, S.Sos., MT., kepada wartawan saat ditemuai di Kantor Bupati Loteng, Rabu, 17 April 2024.

Selain DPSP The Mandalika, DPSP yang mendapat dukungan subsidi penerbangan yakni DPSP Borobudur, Likupang, Danau Toba serta DPSP Labuan Bajo, NTT. Polanya, subsidi akan diberikan kepada maskapai yang melayani penerbangan ke lima DPSP tersebut. Untuk menutupi potensi kerugian akibat kekurangan penumpang pesawat udara di rute tersebut.

“Jadi subsidinya diberikan ke pihak maskapai. Tetapi bukan dalam bentuk subsidi tiket penerbangan untuk menekan harga tiket pesawat supaya murah,” ujarnya.

Langkah itu supaya pihak maskapai tidak terlalu merugi ketika melayani rute penerbangan ke DPSP-DPSP yang jadi sasaran program yang mungkin penumpangnya masih sedikit. Dengan begitu pihak maskapai tetap membuka layanan penerbangan di rute-rute tersebut, walaupun penumpangnya sepi.

“Kalau tidak disubsidi khawatirnya pihak maskapai akan menutup layanan penerbangan di rute tersebut, karena merugi. Dampaknya, angka kunjungan wisatawan ke destinasi wisata unggulan yang ada bisa-bisa turun. Lantaran kesulitan akses transportasi, khususnya transportasi udara,” terangnya.

Tujuan lain dari pemberian subsidi penerbangan tersebut ialah untuk menarik minat maskapai agar mau membuka rute penerbangan baru dari dan menuju lima DPSP sasaran. Baik itu penerbangan domestik maupun penerbangan internasional. Harapanya, dengan makin banyaknya rute penerbangan yang masuk bisa mendorong angka kunjungan wisatawan ke DPSP tersebut.

“Contoh untuk penerbangan ke DPSP The Mandalika, kemarin ada beberapa rute penerbangan baru yang rencananya dibuka. Seperti rute Lombok-Perth dan Lombok-Melbourne serta beberapa rute domestik. Nantinya, dengan adanya program subsidi penerbangan ini rencana pembukaan rute penerbangan tersebut bisa segera terealisasi,” jelasnya.

Karena sudah ada subsidi dari pemerintah. Sehingga maskapai tidak perlu khawatir merugi ketika mulai membuka rute penerbangan baru menuju DPSP The Mandalika, khususnya. Meski jumlah penumpangnya masih sedikit.

Ia menjelaskan pemberian program subsidi penerbangan dari Kemenkomarves tersebut direncanakan selama empat bulan. Terhitung mulai bulan Mei hingga Agustus 2024 mendatang. Pihaknya berharap rencana tersebut benar-benar terealisasi. Supaya bisa mendukung perkembangan DPSP The Mandalika pada khususnya. (kir)