KPU KSB Rencana Umumkan Penetapan Hasil Pemilu Bulan Ini

0

Taliwang (Suara NTB) – KPU Kabupaten Sumbawa Barat menyatakan akan mengumumkan penetapan perolehan kursi dan calon terpilih anggota DPRD KSB hasil Pemilu 2024 pada akhir bulan ini.

“Insyaallah paling lambat akhir bulan ini kita umumkan,” kata ketua KPU KSB, Herman Jayadi, Senin, 15 April 2024.

Herman mengakatan, pihaknya telah menerima surat dari KPU Pusat berisikan pemberitahuan mengenai tidak adanya tuntutan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) terkait pelaksanaan Pemilu di KSB. Atas dasar surat itulah kemudian KPU KSB akan segera menggelar rapat untuk menyusun jadwal pelaksanaan pleno penetapan perolehan kursi dan calon terpilih anggota DPRD KSB hasil Pemilu tahun ini.

“Artinya sudah clear penetapan hasi perolehan suara yang kita tetapkan sebelumnya. Yang kemudian akan jadi dasar penetapan perolehan kursi partai dan calon terpilih nanti,” papar Herman.

Herman meminta kepada seluruh Parpol dan para Caleg untuk sementara waktu bersabar. Pihaknya kata dia, akan bekerja semaksimal mungkin agar tahapan terakhir Pemilu itu dapat segera terlaksana. “Tentu teman-teman Parpol dan Caleg sudah tahu kan berapa kursi yang diperoleh dan Caleg mana saja yang terpilih. Tapi resminya kemudian tentu tetap menunggu hasil penetapan KPU,” ujarnya.

Sementara itu, mencermati hasil rekapitulasi KPU KSB beberapa waktu lalu sudah dapat diketahui partai mana saja yang memperoleh suara tertinggi dan mendapat kursi di DPRD KSB. Dintaranya ada PDI Perjuangan yang kembali berhasil menjadi pemenang Pemilu dan berhak mendapat 5 kursi. Berikutnya ada Partai Nasdem, PKS, Gerindra, PAN dan Golkar masing-masing 3 kursi. PPP dan PKB masing-masing 2 kursi dan terakhir PBB meraih 1 kursi.

Untuk para anggota DPRD terpilihnya sendiri, prediksi sesuai data perolehan suara pribadi pun sudah dapat terlihat. Di mana raihan 5 kursi PDIP akan diisi oleh Kaharuddin Umar, Rick Kamaluiddin, Nurjannah, Santri Yusmulyadi dan Ratnawati. Partai Nasdem 3 kursi diisi oleh Badaruddin Duri, Muatapa. HZ dan Rizal Fikri. PKS 3 kursi diisi oleh Baharung, Norvie Aperiansyah dan Muhammad Rizyal.

Berikutnya Gerindra 3 kursi diisi oleh Merliza, Aheruddin Sidik dan Muhammad Adnan. PAN 3 kursi diisi oleh Muhammad Hatta, Iwan Irawan Marhalim dan H. Riyadi. Golkar 3 kusi diisi oleh HM. Thamzil, Rifai dan Basuki. AR.

Selanjutnya PPP dengan 2 kursi diisi oleh Fauzan Ahmad dan Syafruddin. PBB 2 kursi diisi oleh Andi Laweng dan Kondi Pranata. Dan terakhir PBB dengan satu kursi diisi oleh Edi Dwi Prawira.(bug)