Jembatan Pulau Maringkik Ambruk

0

Selong (Suara NTB)-Jembatan penyeberangan yang menjadi akses utama bagi masyarakat Desa Pulau Maringkik mengalami ambruk pada hari Kamis,11 april 2014 sekitar pukul 13.00 Wita. Kejadian ini telah menyulitkan aktivitas sehari-hari penduduk setempat yang bergantung pada jembatan tersebut.

Mantan Kepala Desa Pulau Maringkik, Nusa Pati, saat dikonfirmasi Suara NTB mengungkapkan bahwa jembatan yang ambruk ini dibangun pada tahun 2016 oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan. Namun, saat ini kondisinya memprihatinkan, meskipun telah menghabiskan dana ratusan juta rupiah.

Tiang pancang jembatan bergeser akibat gelombang air, menyebabkan ambruknya jembatan saat air surut. “Beruntung tidak ada korban jiwa,” ujarnya.

Meski rusak, masyarakat tetap menggunakan jembatan tersebut karena tidak ada alternatif lain. Mereka berharap perbaikan segera dilakukan, terutama karena jembatan ini merupakan akses utama bagi penduduk setempat.

Namun, Nusa Pati belum melaporkan kondisi jembatan ini kepada pemerintah, mengingat statusnya yang masih menunggu kepastian terkait perpanjangan masa jabatan. Jika perbaikan dilakukan, ia berharap pemerintah dapat memberikan bantuan, mengingat dana desa yang tersedia terbatas.

Sementara itu, ia berharap kepada pemerintah daerah untuk segera bertindak, mengingat pentingnya jembatan ini bagi mobilitas masyarakat, terutama pada pagi hari. (rus)