Puncak Arus Balik di Pelabuhan Lembar Diprediksi H+4 Lebaran

0

Giri Menang (Suara NTB) – Arus mudik Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah di Pelabuhan Lembar, Lombok Barat (Lobar) terjadi kenaikan sekitar 5 persen. Di mana total penumpang dari Pelabuhan Lembar ke Padangbai dan sebaliknya menebus 45.437 orang. Dengan jumlah kendaraan mencapai 15.916 unit. Paling dominan penumpang dari Padangbai menuju Lembar.

Untuk arus balik, diprediksi terjadi peningkatan pada H+3 dan H+4 Lebaran atau hari Sabtu serta Minggu.
GM PT ASDP Indonesia Ferry Lembar, Agus Djoko Triyanto mengatakan arus mudik terhitung sejak H-10 atau 31 Maret sampai dengan H-1 (9 April) Lebaran Idul Fitri. “Total penumpang dari gabungan 2 sisi (pelabuhan Padangbai dan Lembar) 45.437 orang dengan distribusi lebih banyak dari Padangbai menuju Lembar,”kata General Manager PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero) Lembar Agus Djoko Triyanto, Jumat, 12 April 2024.

Ia menyebutkan, jumlah penumpang arus mudik dari Padangbai menuju Lembar mencapai 33.241 orang. Djoko Triyanto juga menyebut total kendaraan pada saat arus mudik Lebaran mencapai 15.916 unit dari semua golongan, terdiri dari roda 2, roda 4,dan roda 4 lebih. Sama dengan penumpang, distribusi pergerakan kendaraan arus balik ini lebih banyak dari Padangbai dimana dengan total penumpang 33.241 orang (dari Padangbai), jumlah kendaraan mencapai 12.009 unit.

Sebab, menurutnya, arus mudik didominasi masyarakat yang pulang ke Lombok dan tren ini terjadi hampir tiap tahun. Dengan total penumpang arus mudik tersebut, ada peningkatan dari tahun sebelumnya sebesar 5 persen. “Ada peningkatan 5 persen,”sebutnya.

Untuk kendaraan dari Padangbai terjadi kenaikan sekitar 7 persen dari tahun sebelumnya. Sementara yang dari Lembar sama seperti tahun lalu. Ditanya soal tren arus balik, kata Djoko, arus balik di Pelabuhan Lembar belum ada peningkatan. “Diprediksi di hari Sabtu dan Minggu potensi ada peningkatan,”ujarnya. (her)