37 Kafilah Meriahkan Malam Takbiran di Kecamatan Pringgabaya

0

Selong (Suara NTB) – Menyambut 1 syawal atau Hari Raya Idul fitri 1445 Hijriah yang bertepatan pada tanggal 10 April 2024, 37 kafilah berpartisipasi pada malam takbiran di Kecamatan Pringgabaya, Kabupaten Lombok Timur (Lotim). Desa Pringgabaya tercatat ada 20 kafilah, Desa Apitaik 12 kafilah, dan Desa Pohgading 5 kafilah.
Dalam merayakan malam kemenangan tersebut, setiap Kafilah membuat ornamen yang berbeda-beda, mulai dari bentuk hewan, masjid, hingga lafadz Allah dan Muhammad.

Kepala Desa Pringgabaya, Lalu Marzoan Mayadi mengatakan terdapat sedikit perbedaan antara perayaan malam takbiran tahun ini dengan tahun sebelumnya, yang mana di tahun ini perlombaan dilakukan fokus di setiap desa, sedangkan di tahun sebelumnya perayaan malam takbiran antara Desa Pohgading, Batuyang, dan Pringgabaya disatukan.

“Iya beda-beda, jadi di sini setiap desa itu ngadain acara masing-masing karena di tingkat kecamatan, pihak kecamatan belum siap mengadakan event besar seperti di kota-kota besar,” ungkapnya.

Panitia Pembina Musholla Nurul Muttaqin Pohgading, Zaenal menambahkan alasan perayaan malam takbiran ini tidak disatukan dan dipusatkan di Pringgabaya, karena takutnya akan terjadi kerusuhan seperti di tahun sebelumnya.
Meski perayaan malam takbiran ini tidak dipusatkan di kecamatan, akan tetapi masyarakat mengaku malam takbiran tahun ini lebih seru dibanding tahun sebelumnya, hal ini disampaikan oleh Rafiqul, salah seorang masyarakat Pohgading.

“Ya suasana malam takbiran ini lebih seru dibanding tahun kemarin, karena tahun ini bisa meminimalisir petasan, juga tahun kemarin lebaran antara pemerintah dan Muhammadiyah kan beda, tahun ini bersamaan jadi lebih seru,” ujarnya. (era)