Pergerakan Pesawat Meningkat, AirNav Pastikan Pengaturan Ruang Udara Aman

0

Praya (Suara NTB) – Pergerakan jumlah pesawat di Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid (BIZAM) memasuki masa libur lebaran mulai meningkat. Terhitung sejak Sabtu, 6 April 2024 hingga Senin, 8 April 2024 sudah ada sekitar 18 penerbangan tambahan yang masuk, dari rata-rata 75 pergerakan pesawat setiap hari.

Puncak pergerakan pesawat udara sendiri diperkirakan bakal berlangsung pada Selasa, 9 April 2024 besok, menandai puncak arus mudik pada musim lebaran tahun ini. “Laporan hari ini sudah ada 12 penerbangan tambahan yang akan masuk esok hari,” ungkap General Manager (GM) AirNav Indonesia cabang Lombok Kiki Adrian, Senin pagi.

Petugas ATC BIZAM tengah mengatur pergerakan pesawat udara di BIZAM.

Bahkan maskapai Garuda Indonesia telah mengonfirmasi akan mengganti pesawat untuk rute Jakarta-Lombok dengan pesawat berbadan lebar jenis Airbus A330-900. Sehingga mampu mengangkut penumpang dengan jumlah yang jauh lebih banyak. Penggunaan jenis pesawat tersebut mau tidak mau membuat PT. Angkasa Pura (AP) I Lombok Internasional Lombok (LIA) harus menaikkan level pengamanannya.

Mengantisipasi lonjakan pergerakan pesawat tersebut pihak AirNav sendiri telah melakukan berbagai langkah antisipasi. Untuk memastikan pengaturan ruang udara di BIZAM bisa tetap aman. Sehingga seluruh pergerakan pesawat bisa berjalan lancar. “Dari sisi fasilitas hingga sumber daya manusia (SDM) kita sudah lakukan langkah persiapan dan antisipasi. Guna memastikan pengaturan pergerakan pesawat tetap lancar selama musim libur lebaran kali ini,” terangnya.

Ia mengatakan untuk mengatur pergerakan pesawat udara, pihaknya menyiapkan 15 petugas ATC (Air Traffic Controller). Dengan penempatan petugas di setiap shifnya diatur sesuai kebutuhan serta kondisi dilapangan. Untuk memastikan layanan pengaturan pergerakan pesawat tidak terganggu.

Terpisah, General Manager PT. AP I LIA Minggus E.T. Gandeguai menjelaskan dari sisi penumpang terhitung sejak 3 sampai 7 April 2024 kemarin, tercatat sudah ada 39.358 pergerakan penumpang pesawat udara di BIZAM. Naik sekitar 16 persen dari periode yang sama pada tahun sebelumnya yang tercatat 33.988 pergerakan penumpang.

“Selain itu, pergerakan pesawat dan kargo juga mengalami peningkatan. Pergerakan pesawat meningkat sebesar 33 persen, dari 327 pergerakan pesawat pada periode H-7 hingga H-3 Lebaran tahun lalu menjadi 435 pergerakan pesawat di tahun ini. Sementara kargo naik sebesar 12 persen, dari 203.589 kilogram menjadi 227.122 kilogram,” ujarnya.

Untuk puncak arus mudik lebaran di BIZAM sendiri dipredikasikan sudah terjadi pada Minggu, 7 April 2024 kemarin dengan jumlah penumpang mencapai sebanyak 9.202 orang penumpang. “Di tengah tren kenaikan penumpang Lebaran kali ini, kami terus berupaya untuk memastikan seluruh pelayanan di Bandara Lombok berjalan optimal,” imbuh Minggus.

Koordinasi yang baik dengan seluruh stakeholder dan komunitas bandara terus diintesifkan agar para pengguna jasa mendapatkan layanan terbaik dan bisa melakukan perjalanan mudik dengan selamat, aman, dan nyaman. (kir)