SMKN 3 Mataram Peringati Nuzulul Qur’an 1445 H

0

Mataram (Suara NTB) – Keluarga besar SMKN 3 Mataram memperingati Nuzulul Qur’an 1445 H di Musala Al Hikmah, pada Kamis, 4 April 2024. Kegiatan tersebut dihadiri oleh tenaga pendidik dan tenaga kependidikan serta perwakilan siswa-siswi SMKN 3 Mataram.

Momentum ini mengambil tema ‘’Melalui Peringatan Nuzulul Qur’an 1445 H, kita jadikan Al-Qur’an sebagai Pedoman dan Pegangan Hidup dalam kehidupan di sekolah serta memperkuat pelaksanaan profil pelajar pancasila di SMKN 3 Mataram”. Kegiatan ini menghadirkan pengasuh rumah Qur’an Birul Walidain Lombok, TGH. Zainul Huda., Q.H., MA.

Kepala SMKN 3 Mataram, Sulman Haris, S.Ag., M.Pd.I. menyampaikan bahwa melalui momentum ini harus bisa diimpelentasikan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Semoga dengan momen peringatan Nuzulul Qur’an ini, akan meningkatkan iman dan ketakwaan kita menjadi jauh lebih baik,” ungkapnya. Selain itu, ia juga berpesan kepada para siswa bahwa Al-Qur’an tidak hanya untuk dibaca tetapi juga harus diimplementasikan ke dalam kehidupan sehari-hari.

Menurutnya, bahwa menjadi generasi harapan bangsa harus sejalan antara ilmu dan akidah. Sebab generasi yang hanya cerdas intelektual, tapi tidak cerdas spiritual maka cenderung akan menyalahgunakan ilmu yang dimiliki untuk melakukan keburukan-keburukan bahkan perilaku merusak yang merugikan.

“Keluarga besar SMKN 3 Mataram untuk memaknai kembali esensi ajaran dalam Al-Qur’an,’’ tegasnya.

Menurutnya, sebagai generasi Z, hidup di zaman serba mudah dan praktis untuk mencari segala sesuatu, maka siswa SMKNE 3 Mataram juga harus merawat sifat keingintahuan mereka. Siswa perlu mengarahkan rasa ingin tahunya agar suatu saat di masa depan, lahir penemuan penemuan, inovasi dan terobosan baru dari siswa-siswi terbaik untuk peradaban dunia, khususnya pendidikan vokasi dan bangsa Indonesia pada umumnya.

Pengasuh Rumah Qur’an Birul Walidain Lombok, TGH. Zainul Huda., Q.H., MA. menyampaikan bahwa Al-Qur’an sebagai pedoman dan pegangan hidup dalam kehidupan di sekolah serta memperkuat pelaksanaan profil pelajar pancasila di SMKN 3 Mataram.

“Al-Qur’an merupakan kalamullah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa salam, untuk kemudian dijadikan pedoman bagi umat manusia dalam menapaki kehidupannya sehingga tercapai kemaslahatan di dunia juga di akhirat. Al-Qur’an merupakan petunjuk bagi orang-orang yang bertakwa,” terangnya. (ron)