Redistribusi Tanah, PT SMS Serahkan Area Perkampungan untuk Masyarakat Pekat

0

Dompu (Suara NTB) – Kegiatan Redistribusi Tanah, berupa penyerahan sertipikat untuk warga Desa Soritatanga dan Desa Doropeti, yang telah dilaksanakan di Aula kantor Kecamatan Pekat, Kabupaten Dompu, NTB, 4 April 2024 merupakan program kerja Kantor Pertanahan Kabupaten Dompu tahun 2023 yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Dompu dengan melibatkan PT Sukses Mantap Sejahtera (PT SMS) selaku pihak yang melepas sebagian area HGU perusahaan.

Acara ini dihadiri oleh Bupati Dompu, H. Kader Jaelani, Ketua DPRD Dompu, H Andi Bachtiar, Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Dompu, Nyoman Prabhawa, Camat Pekat, Nuraini, perwakilan PT SMS, Muhammad Haryanto selaku Kepala Departemen Media dan External Relation, dan Kepala Desa Soritatanga serta Kepala Desa Doropeti.

Sambutan dibuka oleh Kakan BPN Dompu yang menyebutkan bahwa kegiatan ini merupakan implementasi dari Undang-undang Agraria No 5 tahun 60 bahwa tujuan dari retribusi tanah adalah untuk memberikan hak atas tanah kepada masyarakat sesuai dengan Amanah Perpres No. 62 tahun 2023. Diwujudkan dengan bentuk pelepasan sebagian wilayah HGU perusahaan yang telah menjadi kampung/desa dan sudah memiliki pemerintahan administratif.

Kegiatan ini merupakan salah satu komitmen perusahaan  dalam pelaksanaan Kewajiban Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (Corporate Social Responsibility “CSR”) sejalan dengan  program  kemitraan tebu PT SMS untuk mewujudkan pemerataan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat di Dompu.

Pada saat berlangsungnya kegiatan ini juga diserahkan sertipikat tanah sebanyak 750 bidang  kepada masyarakat yang berhak sesuai dengan keputusan dari Pemerintah Kabupaten Dompu dengan tanah yang bersumber dari tanah negara serta pelepasan sebagian HGU PT SMS dengan jumlah 383 bidang di Desa Soritatanga dan 367 bidang di Desa Doropeti.

Kementerian Agraria dan Tata Ruang Republik Indonesia telah melakukan pemetaan secara digital terhadap batas-batas kepemilikan HGU perusahaan dan juga area perkampungan yang tadinya berada di dalam wilayah HGU PT SMS. Kegiatan redistribusi tanah tersebut dilakukan bersamaan dengan telah selesainya proses perpanjangan jangka waktu HGU PT. SMS.

PT SMS selaku investor berharap inisiatif baik ini dapat memberikan dampak positif berupa kontribusi nyata bagi masyarakat yang berada di sekitar wilayah operasi  perusahaan. Sejalan dengan misi dari Kepala Kantor Pertanahan Dompu yang mengajak warga Soritatanga-Doropeti untuk giat menanam tebu guna mendukung program kemitraan tebu PT SMS yang sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat sekitar.

Bupati Dompu, H. Kader Jaelani dalam sambutannya, mengamini ucapan Kepala Kantor Pertanahan Dompu agar warga penerima manfaat untuk memaksimalkan lahan yang mereka miliki dengan menjadikannya sebagai kebun tebu dan bermitra dengan PT SMS. Bupati Dompu juga berterima kasih kepada PT SMS dan Badan Pertanahan Nasional yang telah menjadi motor penggerak sehingga kegiatan ini dapat terlaksana.

Ketua DPRD Kabupaten Dompu, H Andi Bachtiar juga mengambil kesempatan ini untuk bercerita bagaimana awal mula penerimaan masyarakat saat kedatangan PT SMS di daerah Dompu dengan berbagai dinamika yang terjadi, hingga akhirnya PT SMS dapat diterima dan terus berkembang bersama masyarakat sampai saat ini.

Haji Mustamin, selaku masyarakat penerima manfaat sekaligus Kadus di Desa Soritatanga dan juga petani tebu dengan luas lahan sekitar 1,5 Ha yang telah bermitra dengan PT SMS, mengucapkan terima kasih kepada PT SMS yang telah berinisiatif baik dengan melepaskan sebagian wilayah HGU perusahaan untuk diberikan kepada masyarakat. Mustamin sangat bersyukur karena lahan dimana ia bertempat tinggal saat ini telah resmi menjadi miliknya.

Ediman, sekretaris Desa Doropeti, juga mengucap hal yang sama bahwa apa yang diterima oleh warganya ini menjadi hadiah terbaik di bulan suci Ramadan ini. “Terima kasih kepada PT SMS yang telah melepas sebagian tanah perusahaan sehingga pembagian sertifikat dapat dilaksanakan oleh Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Dompu dan Pemerintah Kabupaten Dompu,” katanya.

Acara penyerahan sertipikat berlangsung damai dan lancar, para warga penerima manfaat berterima kasih karena telah menerima sertifikat yang selama ini mereka impikan. (ula/*)