PAN NTB Berharap Kursi DPR RI di Dapil Pulau Sumbawa Bisa Diselamatkan Lewat MK

0

Mataram (Suara NTB) – DPW Partai Amanat Nasional (PAN) Provinsi NTB menggelar buka bersama sekaligus konsolidasi bersama seluruh jajaran kader, pengurus PAN di tingkat provinsi dan kabupaten/kota atas raihan PAN NTB di Pemilu 2024 kemarin yang perolehan suaranya mengalami peningkatan dari pemilu 2019.

“Alhamdulillah sekarang kita baru bisa berjumpa. Beberapa bulan yang lalu kita disibukkan dengan agenda pemenangan di pileg dan pilpres, dan Alhamdulillah hasil pemilu ini harus kita syukuri,” ujar Ketua DPW PAN NTB, H Muazzim Akbar. Pihaknya bersyukur atas raihan di Pileg 2024. Raihan suara PAN, kata Muazzim mengalami peningkatan suara dan dan raihan kursi yang signifikan. Terutama perolehan suara untuk DPR RI.

“Pileg kabupaten/kota rata-rata kita mengalami peningkatan baik dari sisi suara dan raihan kursi. Di beberapa daerah kita bahkan pimpinan DPRD. Provinsi memang kursi kita berkurang satu, ini yang akan menjadi bahan evaluasi. Untuk DPR RI Alhamdulillah syukur suara kita juga meningkat,” katanya.

Khusus untuk pileg DPR RI dapil NTB II Pulau Lombok, PAN pecah telur dan berhasil mengamankan satu kursi atas nama Muazzim Akbar. Tak tanggung-tanggung, PAN berhasil finish di kursi ke empat dari delapan kursi. Raihan suara PAN unggul dibanding partai-partai petahana semisal Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Demokrat, Partai NasDem hingga PDIP.

Meski demikian, PAN harus merelakan kursi DPR RI di Dapil NTB 1 Pulau Sumbawa melayang karena kalah tipis. Akan tetapi PAN masih mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK) terkait dugaan kecurangan. Harapannya di MK PAN bisa menyelamatkan kursinya.

“Sementara untuk DPR RI Alhamdulillah di dapil NTB 2 Pulau Lombok kita bisa mengamankan satu kursi dengan peringkat cukup baik. Akan tetapi mudah-mudahan kita bisa mengamankan dua kursi, karena di dapil NTB I kita masih berproses menggugat ke Mahkamah Konstitusi (MK),” kata Muazzim.

Selain soal Pileg, Muazzim juga mengaku bersyukur atas kemenangan Prabowo-Gibran di NTB. Sebagaimana diketahui, PAN merupakan salah satu motor penggerak pemenangan Prabowo-Gibran. Muazzim mengaku pihaknya optimis PAN akan terus menjadi partai besar. Khususnya di NTB.

“Pemilu yang sekarang ini bisa kita katakan paling berat. Tapi kita mampu lolos dari itu dengan raihan maksimal. Lima tahun ke depan, kita siap membangun dan membesarkan partai ini,” jelasnya. Muazzim pun mengajak seluruh kader, pengurus, dan caleg PAN terpilih di semua jenjang untuk bahu-membahu berkhidmat untuk masyarakat. “Ke depan, kita ingin PAN terus berjaya di NTB. Jangan pernah merasa kecewa, kita jalan terus, jangan pernah menyerah,” ungkapnya.

Muazzim juga mengucapkan terima kasih atas dedikasi dan perjuangan pengurus, kader, dan relawan PAN yang telah bergerak memenangkan PAN di pileg 2024. Lebih jauh, Muazzim sempat menyinggung perihal Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang akan digelar di NTB.

“Untuk Pilkada, kita sudah ada arahan dari DPP. Silakan pengurus di level kabupaten/kota untuk melakukan penjajakan dengan calon-calon yang ada. Beberapa kader juga sudah kita siapkan untuk maju,” tegasnya. (ndi)