Safari Ramadhan di Sambelia, Pj Bupati Minta Jaga Stabilitas Harga Pangan

0

Selong (Suara NTB)-Penjabat (Pj) Bupati Lombok Timur (Lotim), H. M. Juaini Taofik, bersama dengan Forkopimda, melanjutkan Safari Ramadhan ke empat di Masjid Nurul Iman, Dusun Pekendangan, Desa Belanting, Kecamatan Sambelia, Selasa (2/4/2024) malam. Pada kesempatan ini, Pj Bupati menyoroti peran penting Kecamatan Sambelia sebagai gudang pangan daerah yang patut diperhatikan.

Dalam sambutannya, Pj Bupati Juaini menekankan Sambelia dikenal sebagai wilayah tambak terbesar se-Kabupaten Lotim, serta memiliki luas areal pertanian yang signifikan. Namun, cuaca ekstrem akhir-akhir ini, seperti el-nino, menjadi tantangan bagi stabilitas komoditas pangan di daerah tersebut.

Pj Bupati juga mengumumkan penambahan bantuan pupuk dari pemerintah pusat, dengan penekanan pada pendataan yang akurat untuk pendistribusian yang tepat sasaran. Dia menyampaikan peningkatan jatah pupuk subsidi di Lotim merupakan hasil dari laporan-laporan ke Presiden Joko Widodo, yang menjadi hikmah di bulan puasa ini.

Harapannya, dengan tambahan pupuk subsidi ini, petani di Lotim, khususnya di Sambelia, dapat mengoptimalkan produksi mereka, menghadapi tantangan cuaca yang tidak menentu. Dengan pergeseran pola tanam dan panen, diharapkan para petani dapat tetap kuat dalam menghadapi dinamika lingkungan saat ini. (rus)