OSIS SMPN 11 Mataram Asah Kepekaan Sosial Lewat Berbagi Takjil

0

Mataram (Suara NTB) –  Siswa SMPN 11 Mataram yang tergabung dalam kepengurusan OSIS membagikan takjil gratis kepada masyarakat dengan memanfaatkan momen Ramadhan. Kegiatan itu dimulai sekitar pukul 17.00 Wita hingga menjelang maghrib pada Selasa, 2 April 2024. Pembagian takjil gratis mengambil titik lokasi di depan sekolah, tepatnya di Jalan Panji Asmara Kekalik Jaya, Kota Mataram. Berbagai jenis makanan takjil yang dibagi secara gratis berupa makanan ringan dan minuman.

Pembina OSIS, Mahestinia Sari menyampaikan, pembagian takjil gratis ini adalah salah satu program kerja tahunan OSIS dalam mengisi kegiatan di bulan Ramadan. Kegiatan ini sebagai momentum keberkahan di bulan Ramadan.

“Ini juga bentuk kepedulian untuk mengasah kepekaan sosial berbagi kepada masyarakat dan memupuk semangat para siswa di bulan Ramadan. Pembagian takjil ini dibagikan kepada pengguna jalan baik pengendara maupun pejalan kali yang sedang melintas di jalan sekitar depan sekolah,” jelasnya.

Menurut keterangan Ketua OSIS SMPN 11 Mataram, Elsya Maharani Mardjun, sekitar 100 takjil yang dibagikan laris manis diserbu pengguna jalan yang melintas. Menurutnya, saling berbagi dan peduli dengan sesama itu bagaikan saudara dan memberi makan orang yang berpuasa itu pahalanya sama dengan orang yang berpuasa. “Mudah-mudahan bentuk ini dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” ujarnya.

Kepala SMPN 11 Mataram, H. Azizudin menyampaikan, apresiasi atas kerja sama yang kuat antara pengurus OSIS dan berharap terus dapat dilestarikan serta ditingkatkan lagi jumlah takjil pada kesempatan yang lain. Selain menjadi bagian dari tradisi berbuka puasa, takjil juga menjadi sarana untuk bersilaturahmi dan memperkuat tali persaudaraan di antara sesama Muslim.

“Melalui pembagian takjil buka puasa Ramadhan juga telah mengajarkan kepekaan sosial para siswa untuk berbagi kebaikan kepada warga sekitarnya. Saya berterima kasih kepada orang tua siswa, para guru dan siswa yang sudah berbagi kebaikan di bulan suci Ramadhan 1445 H semoga menjadi berkah dan menjadi amal jariah,” ujar Azizudin. (ron)