Hasil Operasi Pekat 2024, Ratusan Miras Dimusnahkan Polres Lobar

0

Giri Menang (Suara NTB) – Polres Lombok Barat (Lobar) memusnahkan ratusan minuman keras (miras) hasil Operasi Pekat 2024 di halaman Mapolres Lobar, Rabu (3/4/2024). Pemusnahan ini dilakukan setelah apel gelar pasukan kesiapan Operasi Ketupat Rinjani 2024.

Kapolres Lobar AKBP Bagus Nyoman Gede Junaedi., S.H., S.I.K., M.AP., mengatakan pemusnahan miras ini merupakan hasil operasi Pekat 2024 yang berlangsung selama 14 hari, mulai 26 Februari hingga 10 Maret 2024.”Operasi Pekat 2024 ini bertujuan untuk menciptakan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) yang kondusif menjelang bulan suci Ramadhan,” kata AKBP Bagus Nyoman.

Pemusnahan dilakukan bersama Forkopimda Lobar, yakni Asisten I Setda Lobar H. Fauzan Husniadi, Kepala Dikes Arief Suryawirawan, dan unsur tokoh agama, serta tokoh masyarakat.

Dari operasi tersebut, Polres Lobar berhasil mengungkap 46 kasus miras tanpa izin edar, dengan 2 kasus di antaranya merupakan target operasi (TO). Barang bukti yang dimusnahkan antara lain 162 botol dan 330 liter tuak, 81 botol arak, 94 botol brem, 40 botol anggur merah, 361 botol bir, dan 5 botol wisky. “Total keseluruhan miras yang disita sebanyak 745 botol dan 330 liter,” katanya.

Sebagian besar miras tersebut diamankan di wilayah Batulayar. “Semuanya yang diamankan tidak memiliki izin,” tegasnya.

Kapolres Lobar berharap dengan dimusnahkannya miras ini, situasi Kamtibmas di wilayah Lobar dapat lebih kondusif, terutama selama bulan suci Ramadhan. “Kami juga mengimbau kepada masyarakat untuk bersama-sama menjaga Kamtibmas, agar masyakat lebih khusuk dan tenang menjalankan ibadah,” tutupnya.(her)