Buka Layanan Cuci Darah, RSUD Tripat Tambah Ruang Inap dan Alat Pemasangan Ring Jantung

0

Giri Menang (Suara NTB) – RSUD Patut Patuh Patju (Tripat) Lombok Barat (Lobar) menjadi lokus prioritas untuk pelayanan KJSU dan KIA (Kanker, Jantung, Stroke, Uro-Nefrologi dan KIA). Selain itu, RSUD mendapatkan bantuan tambahan rawat inap, peralatan kateterisasi jantung (cath lab) dan alat CT scan yang didanai dari DAK.

Bulan ini pihak RSUD juga menargetkan membuka layanan cuci darah atau Hemodialisa. Direktur RSUD Tripat dr. H. Suriyadi, Sp.An., mengatakan untuk pengembangan pelayanan rumah Sakit tahun ini pihaknya mendapatkan DAK dari pusat senilai Rp4 miliar untuk menambah ruangan rawat inap yang bisa menampung 30 tempat tidur.

“Alhamdulillah untuk pengembangan pelayanan rumah sakit tahun ini kita mendapatkan DAK Rp4 miliar untuk tambah ruangan rawat inap yang bisa menampung 30 bed atau tempat tidur,” terang Suryadi, kemarin.

Diterangkan, jarak tempat tidur di rawat inap harus sesuai standar. Tidak boleh terlalu dekat antar bed. Penambahan bed ini seiring dengan peningkatan pengunjung ke rumah sakit tersebut. Mengantisipasi itu, pihaknya telah merencanakan penambahan ruang rawat inap ini sejak tahun lalu. Dimana pihaknya mengusulkan ke Kemenkes untuk tambahan rawat inap ini. “Karena kita lihat trend peningkatan pengunjung ke rumah sakit ini. Dan kami usulkan ke Kemenkes, dan alhamdulillah dapat,” klaimnya.

Pembangunan rawat inap akan dilaksanakan tahun ini, sehingga tahun depan sudah bisa dioperasikan. Saat ini sudah hampir selesai perencanaan dan asistensi di Dinas PUTR. Ditarget bulan Oktober dan November bangunan ini bisa selesai dikerjakan. Untuk kebutuhan Alkes rawat inap tersebut, pihaknya akan mengajukan ke pusat. Bisa juga didanai dari dana BLUD RSUD.

Bantuan yang diperoleh dari Kemenkes bukan hanya ruangan rawat inap, namun juga RSUD Tripat juga menjadi  lokasi Prioritas Program pemerintah KJSU atau Kanker, Jantung, Stroke, dan Uro-Nefrologi. “Kita jadi lokasi prioritas Program layanan KJSU,” terangnya.

 RSUD selain mendapatkan bantuan raungan rawat inap, juga diberikan renovasi ruangan pelayanan kateterisasi jantung (cath lab), CT scan dan cyto toxic. Dengan layanan pelayanan  kateterisasi jantung (cath lab), maka pelayanan pemasangan ring jantung bisa dilakukan di RSUD Tripat.

Ia menambahkan, bulan ini juga pihaknya akan membuka layanan cuci darah atau Hemodialisa di lantai 4. Pihaknya melakukan KSO dengan pihak ketiga untuk melayani cuci darah ini. Sebab diakui dana untuk pelayanan ini besar, sehingga dilakukan pola KSO. Pihak RSUD akan divisitasi oleh Kemenkes. “Kita mau divisitasi oleh Kemenkes,”ujarnya.

Dalam membuka layanan baru ini, pihaknya kerjasama dengan rumah sakit lain. Selain sistem hospital dengan RSUP Provinsi. (her)