Peringatan Nuzulul Qur’an, Momen Memperkuat Amalan Ajaran Qur’an

0

Selong (Suara NTB) – Penjabat (Pj) Bupati Lombok Timur (Lotim) H. Muhammad Juaini Taofik menggarisbawahi pentingnya memanfaatkan momen ini untuk memperkuat penerapan nilai-nilai Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari.

Harapan ini disampaikannya dalam acara Peringatan Nuzulul Qur’an yang diselenggarakan di Masjid At-Taqwa Siren, Rumbuk Timur, Kecamatan Sakra, Senin, 1 April 2024.

Pj Bupati menekankan perlunya memperkuat hubungan dengan Sang Pencipta serta sesama umat Islam dan masyarakat secara keseluruhan.  Pj. Bupati juga mengajak masyarakat untuk memakmurkan masjid tidak hanya dalam bulan suci Ramadhan, tetapi juga sepanjang tahun.

‘’Tema peringatan ini, yakni Menjadikan generasi milenial yang cinta Al-Qur’an dan meneladani akhlak Rasulullah,” menjadi sorotan utama,’’ ujarnya.

Dalam pemaparannya, Prof. Dr. H. Subhan Acim dari Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram, menyampaikan hikmah Nuzulul Qur’an serta keutamaan malam Lailatul Qadar sebagai malam yang paling mulia dalam Islam.

Malam tersebut dianggap istimewa karena merupakan saat diturunkannya Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi umat manusia. Melalui peringatan ini, diharapkan semangat untuk mendalami dan mengamalkan ajaran Al-Qur’an semakin mengakar dalam diri umat Islam, khususnya generasi muda. (rus)