Masyarakat Diimbau Waspada, Kawasan Hutan Sembalun Masih Rawan Longsor

0

Selong (Suara NTB) – Kapolres Lombok Timur (Lotim), AKBP Hariyanto, S.H.,SIK., memimpin kegiatan pengecekan dan pembersihan tanah longsor di Jalan kawasan hutan Sembalun. Hadir dalam kegiatan tersebut berbagai pihak terkait, termasuk Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi NTB serta Kepala Desa Pesugulan.

Kapolres dan tim melakukan pengecekan situasi dan kondisi di lokasi tanah longsor di Kecamatan Suela. Gotong royong dilakukan untuk membersihkan tanah dan kayu yang menutupi akses jalan akibat tanah longsor.

Koordinasi dilakukan dengan dinas terkait untuk menggunakan alat berat guna membersihkan sisa tanah longsor dan kayu agar arus lalu lintas dapat lancar kembali.

Masyarakat diimbau untuk berhati-hati melintas saat cuaca buruk, karena rawan terjadi tanah longsor dan pohon tumbang. Pengendara diminta untuk bersabar hingga proses evakuasi selesai dilakukan dan arus lalu lintas dapat berjalan normal.

Kegiatan berlangsung dari pukul 11.00 hingga 15.30 Wita dan berjalan dengan aman. Sebelumnya, longsor terjadi di Dusun Pesugulan, Desa Sapit, Kecamatan Suela, yang mengakibatkan terblokadenya akses lalu lintas.

Pihak kepolisian menemukan adanya tanah longsor dan pohon tumbang pada Senin, 1 April 2024, di Batu Nambun wilayah Dusun Pesugulan, Desa Sapit Kecamatan Suela. Tumpukan tanah tersebut tidak bisa diatasi dengan gotong royong, sehingga diperlukan alat berat untuk membersihkannya. Hal ini menyebabkan kendaraan roda empat dan roda dua tidak dapat melintas, memaksa pengendara untuk mencari akses alternatif. (rus)